SOLOPOS.COM - Nikuba, alat bahan bakar Niku Banyu yang diciptakan oleh Aryanto. (Bisnis)

Solopos.com, SOLO-Penemu “bensin air” Niku Banyu atau Nikuba, Aryanto Misel mengaku kecewa dengan pemerintah Indonesia karena pernah dibantai habis-habisan oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN).

Sebelum viral, ia mengaku pernah mempresentasikan penemuannya kepada peneliti BRIN. Namun respons yang didapatkannya itu sangatlah tidak etis. “Saya dibantai habis [oleh peneliti BRIN], waktu di Korem saya nerangin belum selesai langsung dipatahkan itu di tengah pas lagi ada Pak Dudung. Mereka bilang tanpa BRIN tidak akan jalan itu pak, Bahasa itu kan enggak etis. Mau jalan atau enggak Makodam buktinya sudah jalan sampai sekarang barangnya,” ucap Aryanto dalam potongan video yang diunggah oleh akun TikTok @teraswarga.

Promosi Timnas Garuda Luar Biasa! Tunggu Kami di Piala Asia 2027

Ia pun menyesalkan sikap BRIN atas penemuannya itu. Menurutnya apabila ada yang kurang, harusnya BRIN memberikan masukan untuknya.

“Saya tidak menginginkan kerja sama dengan BRIN, kerja sama apa. Dulu sudah bantai saya habis-habisan, harusnya saya dirangkul kalau memang kurang sempurna, kurangnya seperti ini,” lanjutnya.

Dari situ, Aryanto pun mengaku tak butuh pemerintah untuk membeli maupun membantu alat pengembangnya itu.

“Saya tidak butuh mereka. Saya sudah dibantai habis, tidak mau,” ucapnya dalam kesempatan yang lain.

Diketahui, Nikuba adalah bahan bakar alternatif yang bisa menggantikan bahan bakar minyak. Alat ini kemudian digandeng oleh perusahaan supercar Italia seperti Ducati, Ferrari, dan Lamborghini.

Nikuba ini pun mendapat kesempatan untuk dipresentasikan pada beberapa pabrikan otomotif Italia pada tanggal 18 Juni 2023 di Milan.

Melansir dari laman TNI AD, Nikuba memiliki fungsi memisahkan antara hidrogen (H2) dan oksigen (O2) yang terkandung di dalam air (H2O). Hidrogen yang telah terpisah kemudian dialirkan ke dalam ruang pembakaran dari mesin kendaraan bermotor.

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Aryanto Sakit Hati Nikuba Miliknya Dibantai BRIN: Harusnya kan Dirangkul…”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya