SOLOPOS.COM - Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen didampingi Arya Sinulingga (kanan) menunjukkan KTP mereka, Selasa (19/3/2024) dini hari. (IG @arya.m.sinulingga)

Solopos.com, JAKARTA — Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, menjadi orang yang terlibat aktif dalam proses naturalisasi tengah malam terhadap dua pemain keturunan, Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

Menurut Arya, proses naturalisasi keduanya berjalan cepat dan berkas kewarganegaraan keduanya juga akan siap dalam waktu dekat.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Dalam keterangan yang diterima Solopos.com, Selasa (19/3/2024), pria yang juga merupakan Staf Khusus III Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini berterima kasih kepada semua pihak yang dengan cepat merampungkan proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen.

“Terima kasih KaKanwil Imigrasi Jakarta dan Kadis Dukcapil DKI Jakarta serta Kanwil Imigrasi DKI dan Imigrasi Soekarno Hatta yang kerjanya sat set minta ampun mendukung Timnas Indonesia. Mulai dari sumpah sampai KTP Ragnar dan Tom selesai hanya dalam waktu tidak kurang dalam waktu satu jam. Kalau paspor juga selesai jam 03.00 WIB,” ujar Arya Sinulingga.

Arya Sinulingga juga mengatakan kedatangan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen yang datang bergantian.

“Yang pasti Ragnar itu sampai di Jakarta sore dan Thom Haye baru sampai sekitar pukul 10 malam dan langsung ke Kumham Jakarta,” ucapnya.

Sebelumnya,  PSSI mempercepat proses naturalisasi dua pemain keturunan Ragnar Oratmangoen, 26, dan Thom Haye, 28, benar-benar direalisasikan.

Pemain yang diharapkan bisa membantu Timnas Indonesia mengejar tiket ke Piala Dunia 2026 itu menjalani sumpah pewarganegaraan (WNI) pada Senin (18/3/2024) malam.

Mereka diambil sumpah di Kantor Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta menjelang tengah malam.

Informasi awal ini dibagikan akun X (Twitter), @idextratime.

“RESMI : Thom Haye (28/MF) dan Ragnar Oratmangoen (25/FW) baru saja menjalani pengambilan sumpah kewarganegaraan Indonesia. Pengambilan sumpah dilakukan tengah malam. Keduanya diharapkan sudah bisa membela timnas menghadapi Vietnam di laga away,” kutip Solopos.com dari akun tersebut.

Pada Senin siang, Kepala Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta, Ibnu Chuldun membenarkan Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen bakal menjalani sumpah WNI pada Senin malam.

“Rencana malam ini penyumpahannya,” kata Ibnu Chuldun kepada wartawan.

Proses naturalisasi Thom Haye dan Ragnar Oratmangoen sempat tertunda satu pekan karena belum adanya tanda tangan dari Ketua DPR Puan Maharani.

Thom dan Ragnar yang sudah ada di Jakarta sejak Senin (11/3/2024) akhirnya pulang lagi ke Belanda pada Rabu (13/3/2024).

Puan Maharani akhirnya membubuhkan tanda tangannya pada Rabu sore namun Thom Haye dan Oratmangoen sudah telanjur di pesawat terbang.

Ketum PSSI Erick Thohir berharap kedua pemain keturunan itu sudah bisa membela Timnas Indonesia saat melawat ke kandang Vietnam pada 26 Maret mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya