SOLOPOS.COM - Kerumunan calon penumpang terlihat menunggu bus di Terminal Tritonadi, Solo, Senin (20/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

Kerumunan calon penumpang terlihat menunggu bus di Terminal Tirtonadi, Solo, Senin (20/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

SOLO – Para pemudik masih berdatangan ke Kota Solo, Senin (20/8/2012). Data jumlah bus reguler dan jumlah penumpang yang masuk ke Terminal Tirtonadi Solo hingga Senin pagi tercatat masing-masing 2.532 bus dan 42.157 orang. Sementara yang berangkat dari terminal itu tercatat masing-masing sebanyak 2.313 bus dan 34.485 orang. Sedangkan jumlah bus ekstra sebanyak 80 bus dengan 3.626 orang.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pantauan Solopos.com di Terminal Tirtonadi, Senin, sempat terjadi penumpukan penumpang di terminal tersebut. Menurut keterangan Kepala UPTD Terminal Tirtonadi, MV Djammila, penumpukan penumpang itu terjadi lantaran ada sejumlah armada bus jurusan timur terlambat masuk ke dalam terminal. Hal itu diperkirakan terjadi lantaran arus lalu lintas di jalur mudik padat merayap.

“Ya akibatnya waktu tempuhnya menjadi lebih lama. Bila dari arah timur ke Solo biasanya hanya ditempuh dengan 8 jam perjalanan, saat ini waktu tempuh bisa mencapai 11 jam atau lebih,” ujar Djammila saat ditemui wartawan di terminal.

Untuk mengurai penumpukan penumpang tersebut, Djammila menyatakan pihaknya telah mengimbau para penumpang untuk ikut naik apapun armada bus yang jurusannya menuju arah timur seperti Sragen, Madiun, Surabaya dan sebagainya. Sayangnya, rata-rata penumpang tersebut memilih armada perusahaan otobus (PO) bus tertentu dan enggan naik ke beberapa bus yang tersedia di terminal. “Kami sudah mengimbau penumpang untuk ikut bus apa saja, yang penting jurusan ke timur, tapi rata-rata mereka ya tetap memilih bus-bus tertentu,” kata Djammila.

Terjadinya penumpukan penumpang di Terminal Tirtonadi diakui pula oleh Kapospam 8 Gilingan, AKP Agustinus Suprapto. Dikatakannya, dengan penumpukan penumpang tersebut, pihaknya telah mengusulkan tambahan armada bus ke terminal.
“Ada 4 hingga 5 armada tambahan untuk mengangkut penumpang tersebut ke arah timur,” kata Suprapto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya