SOLOPOS.COM - Ilustrasi kemacetan Jogja (JIBI/Harian Jogja/Desi Suryanto)

Pembatas jalan portabel di sejumlah ruas jalan untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas.

Harianjogja.com, JOGJA – Dinas Perhubungan Kota Jogja mulai memasang pembatas jalan portabel di sejumlah ruas jalan utama sebagai salah satu langkah mengantisipasi kepadatan lalu lintas menjelang Lebaran 2016.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Sudah ada yang dipasang mulai hari ini (Kamis). Kami gunakan ‘water barrier’ sebagai pembatas jalan tambahan di beberapa ruas jalan utama,” kata Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Jogja Golkari Made Yulianto seperti dikutip Antara, Kamis (23/6/2016).

Sejumlah ruas jalan yang akan diberi tambahan pembatas jalan di antaranya Jalan Senopati hingga depan Kantor Pos Besar Jogja, Jalan Ahmad Jazuli hingga sekitar Gereja Kotabaru, Jalan Diponegoro, Jalan Cik Di Tiro.

Menurut Golkari, pembatas jalan tambahan tersebut dipasang di ruas jalan yang kerap mengalami kepadatan menjelang dan selama libur lebaran karena di ruas jalan tersebut terdapat berbagai aktivitas ekonomi dan aktivitas masyarakat lainnya.

Salah satunya adalah di Jalan Ahmad Jazuli terdapat banyak siri-sirip jalan sehingga kerap menimbulkan hambatan arus lalu lintas jika ada pengguna jalan yang memotong arus.

Begitu pula di Jalan Cik Di Tiro, pembatas jalan tambahan dipasang di lokasi simpang jalan yang kerap digunakan untuk memutar balik arah. “Harapannya, warga tidak lagi memutar balik di lokasi tersebut sehingga tidak menimbulkan hambatan lalu lintas,” katanya.

Dinas Perhubungan Kota Jogja memperkirakan, peningkatan volume kendaraan yang masuk ke wilayah tersebut terjadi mulai H-3 hingga H+3 lebaran. “Pada tahun ini, libur lebaran berlangsung selama sembilan hari. Diperkirakan pada H-3 sudah akan ada kepadatan lalu lintas,” katanya.

Kepadatan lalu lintas, lanjut Golkari, biasanya terjadi di pusat-pusat perbelanjaan dan di sekitar lokasi wisata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya