SOLOPOS.COM - Operasi penertiban di Terminal Wates, Kulonprogo, Senin (20/7/2015). (Harian Jogja/Rima Sekarani)

Arus balik di Terminal Dhaksinarga diwarnai ratusan penumpang yang terlantar selama lima jam

Harianjogja.com GUNUNGKIDUL– Ratusan penumpang terlantar di Terminal Dhaksinarga, Wonosari, Rabu (22/3/2015). Harusnya para penumpang ini berangkat sekitar pukul 13.00 WIB, namun kenyataannya baru diangkut sekitar pukul 18.30 WIB.

Promosi Ada BDSM di Kasus Pembunuhan Sadis Mahasiswa UMY

Pantauan yang dilakukan Harian Jogja, puluhan penumpang terlihat duduk-duduk di area tunggu terminal. Guna menghilangkan penat, beberapa penumpang terlihat asyik bermain dengan anak yang dibawanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Salah seorang penumpang, Bambang Edi Priyono mengaku sudah datang ke terminal sejak pukul 12.30 WIB. Namun hingga pukul 19.00 WIB, ia bersama isteri dan dua anaknya masih menunggu di area terminal.

“Sudah berjam-jam kami menunggu mas, tapi hingga sekarang belum juga diberangkatkan,” kata Bambang kepada wartawan.

Meski harus menunggu lama, warga asal Saptosari ini mengaku tidak diberi kompensasi apapun dari penyedia jasa angkutan umum. Ia pun harus merogoh kocek pribadi selama menunggu angkutan yang akan membawanya ke Bogor.

“Tadi sudah diberitahu oleh agen kalau bus yang digunakan akan terlambat berangkat karena masalah mesin,” ujarnya.

Bambang pun hanya bisa pasrah dan menunggu kedatangan bus, karena tidak mungkin lagi pulang ke Saptosari. Dia mengakui jika dalam kondisi normal, sekitar pukul 14.00 WIB sudah berangkat, namun karena adanya masalah keberangkatan jadi tertunda. “Kalau pulang lagi pasti butuh waktu, jadi kami menunggu saja di terminal,” ujar ayah dua anak itu.

Hal senada juga diungkapkan Baryati. Namun demikian, ia memiliki nasib yang lebih baik karena dia dan keluarga berangkat duluan ketimbang yang dialami Bambang. “Saya sudah menunggu sejak pukul 15.30 WIB dan baru berangkat tiga jam kemudian,” tutur Baryati.

Dia mengaku tidak tahu persis penyebab tertundanya keberangkatan itu. Namun dari informasi yang diperolehnya melalui agen, keterlambatan dipicu karena adanya kemacetan di jalan. “Meski datang terlambat, saya tetap bersyukur karena tetap jadi berangkat,” ujar dia.

Sementara itu, salah seorang awak angkutan di Terminal Dhaksinarga Warino mengatakan, total ada enam bus yang terlambat. Rinciannya empat bus dari Rosalia Indah dan dua dari Maju Lancar.
“Ya kalau dihitung ada sekitar 240 penumpang yang terlambat, tapi untuk saat ini sudah diberangkatkan,” ujar Warino.

Dia menjelaskan, keterlambatan itu terjadi karena kemacetan di jalur menuju Jawa Tengah-DIY. Ia pun mengungkapkan beberapa bus yang diberangkatkan, juga baru saja tiba di Wonosari. “Misalnya Bus Maju Lancar seri E baru saja datang dan langsung berangkat lagi menuju Lebak Bulus dan Bogor,” katanya lagi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya