SOLOPOS.COM - Ilustrasi Terminal Purboyo Madiun (JIBI/Solopos/Antara)

Arus balik diperkirakan pecah dalam dua gelombang, yakni jelang masuk kerja dan masuk sekolah

Harianjogja.com, JOGJA-Arus balik di Terminal Giwangan diperkirakan mencapai puncak dalam dua gelombang, yakni pada H+3 dan H+7. Waktu libur yang tidak sama antara pegawai dengan anak sekolah disinyalir menjadi penyebabnya.

Promosi Kanker Bukan (Selalu) Lonceng Kematian

Pelaksana harian (Plh) Kepala UPT Terminal Giwangan Nugroho mengatakan perbedaan tahun lalu dengan sekarang pada arus balik terletak pada waktu libur pegawai dan anak sekolah.

“Kemarin bersamaan, kalau tahun ini kan pegawai masuk dulu jadi puncak arus baliknya kemungkinan besar dua kali,” terangnya kepada Harian Jogja, Senin (20/7/2015).

Diuraikannya, puncak arus balik di Giwangan terjadi pada H+3 yang didominasi para pegawai yang masa cuti bersama berakhir pada Selasa (21/7/2015), sedangkan pada H+7 merupakan puncak arus balik bagi mereka yang menyamakan dengan jadwal masuk sekolah anak pada Senin (27/7/2015) mendatang.

Nugroho menyebutkan, terjadi peningkatan jumlah penumpang berangkat dari Terminal Giwangan dengan menggunakan bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mulai dari hari kedua Lebaran. Ia memperkirakan, peningkatan jumlah penumpang yang diberangkatkan akan mengalami peningkatan sampai puncak arus balik dan dapat mendekati 30.000 penumpang.

Ditambahkannya, sejauh ini belum ada laporan dari penumpang yang kesulitan mencari tiket bus.

Annisa Nur, 26, warga Bogor, mengaku tidak kesulitan mencari tiket bus. “Yang susah justru kereta api, kalau bus tinggal datang ke terminal pasti dapat,” tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Jogja mengungkapkan terjadi penurunan jumlah penumpang bus umum sebesar 4% di Terminal Giwangan. Penyebabnya, penumpang memilih alat transportasi lain, seperti kereta api dan pesawat. “Mungkin juga karena banyak kegiatan mudik gratis dari perusahaan-perusahaan yang menyediakan hingga 200-an bus,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya