Kendaraan memadati tol Solo-Kertosono (Soker) di Desa Sawahan, Ngemplak pada arus balik lebaran Jumat (7/6). (Solopos/Nadia Lutfiana Mawarni)

Solopos.com, BOYOLALI - Memasuki arus balik lebaran, Jumat (7/6/2019) tol Solo-Kertosono (Soker) ramai lancar. Kendaraan memadati kedua ruas baik ke arah timur maupun ke arah barat.

Pantauan Solopos.com, Jumat, di sejumlah titik di tol Soker, Jumat, dua ruas baik ke arah barat menuju Jakarta dan Semarang, maupun ke timur menuju Ngawi dan Surabaya dipadati kendaraan. Kendaraan-kendaraan tersebut berpelat H, B, AE, dan L.

Sementara itu, di pintu tol Ngemplak, sejumlah 15 gardu satelit yang dioperasikan mampu mengurangi antrean kendaraan yang masuk ke wilayah tol. Tidak ada antrean panjang di pintu gerbang. Rata-rata kendaraan hanya mengantre satu kendaraan di depannya sebelum memasuki pintu tol.

Kepadatan juga terjadi di ruas jalan utama Semarang-Solo di wilayah Teras, Banyudono, dan Mojosongo. Antrean kendaraan terlihat padat hingga mencapai 500 meter di kawasan pertigaan Bangak, Banyudono ke arah barat menuju Ngasem, Colomadu. Sementara kendaraan yang melaju dari arah timur/ Solo terpantau lengang. Kepadatan arus lalu-lintas juga tidak dijumpai di dalam kota Boyolali.

Direktur Teknik PT JSN, Aryo Gunanto, mengatakan dioperasikannya gardu satelit tambahan di tol Soker memang mempertimbangkan situasi dan kondisi arus lalu lintas. Namun hal tersebut tidak menjamin mampu mengurangi kemacetan di jalur arteri/ nontol.

“Saat ini memang pilihan jalur untuk para pemudik lebih banyak, semuanya tergantung masing-masing,” ujar Ari. Sementara itu, kepadatan di tol Soker diprediksi masih akan terus meningkat seiring dengan berakhirnya libur lebaran dan cuti bersama pada Minggu (9/6/2019) nanti.

Sama seperti masa mudik lebaran, di musim arus balik lebaran, gerbang tol Ngemplak sedikitnya akan dilalui 12.000 kendaraan per hari. Jumlah ini diprediksi akan mengalami peningkatan hingga lebih dari dua kali lipat pada Sabtu (8/6/2019) nanti.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten