SOLOPOS.COM - Lalu-lintas di Kartasura, Sukoharjo, terpantau lancar, Sabtu (1/7/2017). (Iskandar/JIBI/Solopos)

Arus balik Lebaran 2017 di Kartasura mulai mereda Sabtu.

Solopos.com, SUKOHARJO — Volume arus lalu-lintas (lalin) di Kartasura, Sukoharjo terpantau ramai pada pagi hari. Namun secara keseluruhan volume kendaraan yang melintas pada Sabtu (1/7/2017) dinilai menurun dibanding sehari sebelumnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Ramai-ramainya arus lalu-lintas di Kartasura hari ini terpantau pada sekitar pukul 10.00 WIB. Karena ketika itu sebanyak 50 buah bus yang membawa para pemudik gratis yang berangkat dari terminal Tirtonadi Solo melintas di Kartasura,” kata Kajaga I Pospam Kartasura, Ipda Kurniawan ketika ditemui di sela-sela memantau arus lalin di Kartasura kemarin.

Ekspedisi Mudik 2024

Menurut dia, keramaian arus lalin mayoritas menuju ke arah Semarang dan Jogjakarta. Arus lalin yang melintas didominasi mobil sedan atau kendaraan pribadi.

Dia menjelaskan untuk truk bermuatan barang yang melintas di Kartasura belum banyak. Secara keseluruhan arus lalin di Kartasura Sabtu, terjadi penurunan jika dibanding dengan hari Jumat.

Kurniawan mengungkapkan meski dibanding hari biasa arus kendaraan masih ramai saat ini, namun perbedaan tak begitu mencolok. Dia memperkirakan arus lalin para pemudik yang kembali ke tempat bekerja mereka masing-masing pada Minggu (2/7) akan semakin menurun.

Dia menduga kelanccaran arus lalin di Kartasura tak lepas dengan dioperasikannya dua pintu tol di Colomadu, Karanganyar yaitu di Ngasem dan Klodran. Hal itu dinilai mampu memecah arus lalin yang semula membebani jalanan Kartasura, sebagian bisa tertampung di kedua tol itu.

Sementara itu salah seorang warga Kartasura, Wawan, 34, juga mengatakan keramaian arus lalin di Kartasura pada Lebaran tahun 2017 ini dinilai tak seramai tahun lalu. Karena itu para pedagang di Pasar Kartasura yang berada di tepi jalan raya Solo-Semarang juga tak begitu kesulitan menyebarang.

“Dulu ketika Lebaran para pedagang yang menyeberang jalan di Pasar Kartasura ini sering kali kesulitan. Sebab arus lalu-lintas ketika Lebaran memang padat sekali, tidak seperti sekarang,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya