SOLOPOS.COM - Situasi arus balik di Terminal bus Pilang Sari H+2 Lebaran, Sabtu (10/8/2013). (Fajar Tulus Widiantoro/JIBI/Solopos)

 Situasi arus balik di Terminal bus Pilang Sari H+2 Lebaran, Sabtu (10/8/2013).  (Fajar Tulus Widiantoro/JIBI/Solopos)


Situasi arus balik di Terminal bus Pilang Sari H+2 Lebaran, Sabtu (10/8/2013). (Fajar Tulus Widiantoro/JIBI/Solopos)

Solopos.com, SRAGEN — Terminal bus Pilang Sari Sragen masih kekurangan armada bus cadangan untuk mengantisipasi lonjakan arus balik Lebaran yang diperkirakan jatuh pada Minggu dan Senin (11-12/8/ 2013).  Hingga Sabtu (10/8/2013), hanya ada 10 armada cadangan yang disediakan Perusahaan Otobus (PO) yang ada di dalam terminal tersebut.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Unit Pelaksana Teknis Terminal Pilang Sari, Alibasyah menjelaskan seharusnya target armada bus cadangan untuk mengatasi lonjakan arus balik Lebaran minimal berjumlah 16 armada bus.  Pihaknya telah mengkoordinasikan setiap PO besar untuk menyediakan armada cadangan dari jumlah bus reguler yang mereka terjunkan pada saat H plus Lebaran, namun jumlah 10 bus cadangan tersebut sudah maksimal.

“Jumlah 10 armada bus cadangan itu sudah siap diterjunkan ke terminal jika sewaktu-waktu terjadi lonjakan penumpang, tetapi kami berupaya untuk mengantisipasi permasalahan lonjakan penumpang dengan menyiapkan armada cadangan lagi supaya arus balik tetap lancar dan mereka bisa kembali ke kota tujuan masing-masing,” ungkapnya.

Alibasyah mengatakan PO besar yang sudah menyiapkan armada bus cadangan antara lain PO Harapan Jaya, PO Rosalia Indah, PO Bogor Indah, PO Santika,  PO Garuda Emas, PO Laju Prima dan PO Safari. Bahkan penjualan tiket untuk bus cadangan sudah habis terjual hingga Senin.

Tiket Ludes Terjual

Salah seorang petugas agen PO Harapan Jaya, Agung Wiyanto mengatakan pada Sabtu sudah tidak melayani penjualan tiket arus balik dikarenakan tiket sudah habis terjual, termasuk bus cadangan yang sudah dipersiapkan untuk mengatasi kekurangan armada bus.

“Perusahaan kami menerjunkan 14 unit bus untuk arus balik Lebaran, itu sudah termasuk cadangannya. Hari ini [Sabtu] sampai Senin mendatang, kami sudah tidak melayani penjualan tiket karena sudah terjual semua. Kalau mau, setelah hari Senin baru bisa melayani penjualan tiket kembali”.

Agen PO Safari, Andi Broto pun mengatakan persediaan jumlah tiket penumpang arus balik Lebaran sampai Senin, (12/8) sudah menipis. Jika tiket terjual semua, akan kembali melayani penjualan setelah tanggal 12 Agustus mendatang. “Perusahaan kami hanya menyediakan lima unit bus Lebaran, termasuk bus cadangannya. Kalau tiket habis ya sementara kami tidak melayani penumpang dulu, menunggu bus kembali dari kota besar,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya