Arus Balik Dimulai! Ratusan Pemudik Wonogiri Berangkat ke Perantauan Seusai Lebaran
Suasana Terminal Tipe A Giri Adipura Wonogiri, Sabtu (23/5/2020). (Solopos/M Aris Munandar)

Solopos.com, WONOGIRI -- Arus balik pemudik Wonogiri ke perantauan dimulai pada hari kedua Lebaran. Ratusan pemudik berangkat ke perantauan pada Senin (25/5/2020).

Arus balik pemudik ini sebenarnya sudah dimulai bahkan sejak sebelum Lebaran. Tercatat ratusan pemudik sudah balik ke perantauan, khususnya menuju wilayah Jabodetabek.

Berdasarkan data produksi Terminal Tipe A Giri Adipura di Selogiri, Wonogiri, jumlah pemudik yang balik ke perantauan mencapai ratusan orang dimulai sejak Senin (18/5/2020) lalu.

Mulai 29 Mei, Pemudik Masuk Kota Solo Tak Wajib Masuk Rumah Karantina

Sejak saat itu hingga Minggu (24/5/2020) jumlah pemudik yang melakukan arus balik dari Wonogiri sebanyak 871 orang.

Bahkan, pada hari ini dan selanjutnya potensi pemudik yang balik masih ada. Hal itu diungkapkan Kepala Operasional Perusahaan Otobus Haryanto Wonogiri, Heru Setiyono, saat dihubungi Solopos.com, Senin (25/5/2020).

Meskipun jumlah penumpang tidak sebanyak tahun lalu, menurut dia, penumpang yang balik ke perantauan tetap ada. Pada Senin, PO Haryanto memberangkatkan dua bus.

Puluhan Pedagang di 3 Pasar Tradisional Klaten Jalani Rapid Test Covid-19

Masing-masing bus yang berangkat pada arus balik pemudik Wonogiri itu berisi 12 penumpang dan 10 penumpang. Penumpang dikatakan full jika mencapai 17 orang.

Jumlah itu mempertimbangkan physical distancing atau jaga jarak antarpenumpang di dalam bus. PO Haryanto mencatat untuk Selasa (26/5/2020) dan Rabu (27/5/2020), sudah ada penumpang yang memesan tike meski tidak banyak.

Sebaliknya, penumpang dari Jabodetabek ke Wonogiri sepi, bahkan terkadang bus tidak membawa penumpang sama sekali.

Puluhan Pedagang di 3 Pasar Tradisional Klaten Jalani Rapid Test Covid-19

"Saat ini bus hanya bisa sampai Terminal Pulo Gebang, Cakung, Jakarta Timur, dan Kebon Nanas Jaktim. Setelah turun di kedua terminal tersebut, penumpang meneruskan perjalanan menggunakan moda transportasi lain," kata Heru.

Penambahan Penumpang

PO Putera Mulya juga melayani arus baik pemudik dari Wonogiri pada Senin ini. Perusahaan  tersebut memberangkatkan lima bus dengan jumlah penumpang total 75 orang.

Kepala Divisi Marketing PO Putera Mulya, Heri Prasetyo, mengatakan tadinya hanya akan memberangkatkan empat bus. Tetapi karena ada penambahan penumpang, PO Putera Mulya menambah bus yang beroperasi.

Dijaga Ketat, 15 OTG Klaster Gowa Sragen Rayakan Lebaran di Gedung SMS

Menurut dia, untuk pemberangkatan pemudik dari Wonogiri, Selasa (26/5/2020), tiket arus balik sudah dipesan 50% dari empat bus yang disediakan.

Jika ada tambahan penumpang PO Putera Mulya akan menambah bus lagi. Ia sempat mengobrol dengan pemudik yang akan balik ke Jakarta di Terminal Purwantoro, Wonogiri, beberapa hari lalu.

Pemudik tersebut mengungkapkan alasan dirinya balik ke perantauan. "Dia [pemudik] sudah dua bulan di kampung sehingga uangnya habis. Karena di kampung tidak punya pekerjaan, sawah juga tidak punya, akhirnya ia memutuskan untuk balik agar punya pendapatan," kata Heri saat dihubungi Solopos.com, Senin.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho