SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/SOolopos/Trianto HS)

Arus balik di Gunungkidul, bus pariwisata diterjunkan untuk mengangkut penumpang

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL-Puluhan bus pariwisata sebagai bus cadangan, dioperasikan oleh sejumlah Perusahaan Otobus (PO) untuk mengangkut jumlah penumpang pada arus mudik lebaran 2015 dari Wonosari, Gunungkidul.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Direktur Operasional PO Maju Lancar, Adi Didit Prasetyo mengatakan pada Selasa (21/7/2015) pihaknya mengoperasionalkan 27 bus. Terdiri dari 21 bus reguler dan enam bus pariwisata. Jumlah penumpang yang diangkut mencapai sekitar 1.100 orang.

Ekspedisi Mudik 2024

PO Maju Lancar sendiri mengoperasionalkan bus pariwisata karena jumlah penumpang yang dilayani tidak mampu diangkut menggunakan bus reguler.

Hal yang sama juga dilakukan oleh PO Santoso dan PO Rosalia Indah. Seperti diungkapkan oleh salah seorang petugas agen tiket bus di Terminal Dhaksinarga Wonosari, Hardi.

“Total bus cadangan yang dioperasionalkan ada 13 unit,” paparnya.

Kepala UPT Terminal Dhaksinarga Wonosari, Trisulo Hantoko menyatakan puncak arus balik terjadi pada Selasa (21/7/2015) dan Sabtu (25/7/2015) mendatang. Hingga pukul 15.06 WIB, bus Antar Kota Antar Provinsi ( AKAP) yang meninggalkan terminal mencapai 62 bus, terhitung bus reguler dan bus pariwisata atau cadangan.

Sementara jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 1.659 orang. Jumlah ini lebih banyak dibanding Senin (20/7/2015), di mana terminal telah memberangkatkan 55 bus tujuan Jakarta dan sekitarnya dengan jumlah penumpang 1.322 orang.

Dengan meningkatnya arus balik lebaran ini, pihaknya sudah sejak jauh hari mengintruksikan kepada pemilik PO untuk mempersiapkan seluruh bus reguler dan cadangan dalam mengantisipasi adanya penumpang yang terlantar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya