SOLOPOS.COM - Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang. (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

Pemudik bermotor memasuki kapal perang KRI Banda Aceh melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kamis (23/8/2012). (JIBI/SOLOPOS/Insetyonoto)

SEMARANG-Sebanyak 1.486 orang pemudik dengan 635 sepeda motor yang akan kembali ke Jakarta diangkut kapal perang KRI Banda Aceh secara gratis. Pemberangkatan rombongan pemudik bersepeda motor itu dilakukan melalui Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, Kamis (23/8/2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Wakil Menteri Perhubungan (Wamenhub), Bambang Susantono yang hadir dalam pemberangkatan pemudik berharap kegiatan mudik Lebaran gratis menggunakan kapal laut ini bisa berlangsung setiap tahun. Dengan menggunakan tranportasi kapal laut sangat membantu untuk mengurangi kepada arus lalu lintas jalan raya dan kecelakaan pada arus mudik Lebaran.

Menurut Bambang, kasus kecelakaan lalu lintas pada arus mudik dan arus balik Lebaran terjadi setiap 15 menit sekali. Dengan korban paling banyak dialami oleh pengendara sepeda motor. Untuk itu, Kementerian Perhubungan pada Lebaran 2012 melakukan kerja sama dengan TNI Angkatan Laut menyediakan kapal mengangkut pemudik bersepeda motor secara gratis.

“Kalau mudik Lebaran gratis menggunakan kapal laut ini bisa berlangsung setiap tahun, bisa mengurangi kepadatan dan kecelakaan lalu lintas,” ungkapnya.

Salah seorang pemudik, D Jatmiko menyatakan memilih ikut mudik gratis naik kapal, karena isterinya sedang hamil muda. ”Naik kapal laut tidak capai dan nyaman karena bisa beristirahat,” ujar dia.

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Semarang, Kolonel Laut Antar Setiabudi, menyatakan kapasitas KRI Banda Aceh sanggup membawa penumpang sebanyak 2.000 orang. ”KRI Banda Aceh dirancang bisa membawa prajurit tiga kompi pasukan TNI dan beberapa tank,” jelas dia.

Dia menambahkan, selama berada di KRI Banda Aceh, kebutuhan para pemudik seperti makan dan minum ditanggung pemerintah, tanpa dipungut biaya. ”Khusus ibu dan balita diberikan ruang khusus untuk istirahat,”  kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya