SOLOPOS.COM - Endah Laras (istimewa)

Artjog 2017 digelar di Jogja National Museum (JNM) selama kurang lebih satu bulan.

Solopos.com, SOLO--Pameran akbar seni rupa, Artjog di Jogja National Museum (JNM) yang dibuka, Jumat (19/5/2017) lalu masih berlangsung hingga pertengahan Juni mendatang.

Promosi Ayo Mudik, Saatnya Uang Mengalir sampai Jauh

Acara tahunan yang ditunggu-tunggu para pegiat seni ini melibatkan sejumlah seniman dalam maupun luar negeri dari berbagai disiplin ilmu. Tak terkecuali para pegiat seni asal Solo yang turut meramaikan acara sejak hari pertama.

Ekspedisi Mudik 2024

Sebut saja sajian tari Astri Kusumawardhani yang mengiringi penampilan musik Doctor and the Professor featuring penyanyi Sruti Respati di panggung utama saat pembukaan Artjog, Jumat. Seniman performance asal Solo, Melati Suryodarmo juga turut menghidupkan Artjog lewat karyanya bertajuk Song Book.

Pada hari ketiga, acara yang berpusat di Yogyakarta ini kembali menjadi ajang eksplorasi para seniman Solo. Sutradara Garin Nugroho membawa duet Asmara Abigail dan penari Anggono dalam special performance silent movie Setan Jawa di Auditorium Universitas Sanata
Dharma.

Pemutaran film dilanjutkan tari Setan Jawa ini didukung oleh para pengrawit dan pesinden di bawah koordinasi maestro gamelan asal Solo, Rahayu Supanggah.

Setelah setengah bulan berlangsung, Artjog 10 yang mengkritik minimnya interaksi sosial di tengah perkembangan teknologi ini kembali mengundang seniman kondang asal Solo. Penyanyi multitalenta, Endah Laras akan tampil eksklusif bersama Brayat Endah Laras, Kamis (8/6/2017) mulai pukul 21.00 WIB.

Melalui music performance tunggal Endah berencana membawa tujuh karya repertoarnya. Terdiri dari lagu baru seperti Srengenge dan karya lama Sinom yang dikemas ulang dengan garapan baru.

Selain itu masih ada komposisi musik lainnya yang hampir semua diaransemen sendiri oleh
tangan dingin Endah. Tak sendirian, penampilan pertamanya di Artjog ini bakal ditemani duo gitaris modern dan keroncong. Endah juga menjanjikan pentas menarik berkolaborasi dengan penyanyi cilik yang pernah bergabung dengan album kompilasi lagu anak, Woro Mustiko Siwi.

“Ini pentas tunggal pertamaku di Artjog. Tapi pas pembukaan kemarin aku juga ikut bantu karya Nimas, Nira Merah seharian saat opening Artjog,” terangnya kepada Solopos.com, belum lama ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya