SOLOPOS.COM - Emmeril Khan Mumtadz (Instagram)

Solopos.com, JAKARTA—Yellow Notice dimintakan Polri kepada Interpol (kepolisian internasional) menyusul belum ditemukannya anak Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril, yang hilang di Sungai Aare, Swiss.

Hingga kini kepolisian Swiss masih mencari Eril yang terseret arus saat berenang di Sungai Aare sejak Kamis (26/5/22). Pengiriman Yellow Notice ini dilakukan sebagai permohonan mencari hilangnya anak Ridwan Kamil yang dapat dilakukan oleh kepolisian seluruh dunia.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Lantas, apa sebenarnya Yellow Notice? Melansir dari laman Interpol pada Minggu (29/5/22), Yellow Notice merupakan sebuah peringatan polisi global untuk orang hilang. Peringatan ini diterbitkan untuk korban penculikan orang tua, penculikan kriminal (penculikan), atau penghilangan yang tidak dapat dijelaskan.

Baca Juga: Fakta Sungai Aare, Lokasi Hilangnya Eril Anak Ridwan Kamil di Swiss

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu, Yellow Notice juga dapat digunakan untuk membantu mengidentifikasi seseorang yang tidak dapat mengidentifikasi dirinya sendiri. Yellow Notice juga dapat digunakan sebagai alat penegakan hukum yang berharga dan dapat meningkatkan kemungkinan orang hilang ditemukan, terutama jika ada kemungkinan orang tersebut bepergian, atau dibawa, ke luar negeri.

Bagaimana cara menerbitkan Yellow Notice? Penerbitan Yellow Notice tak bisa dilakukan secara sembarangan. Polisi di salah satu negara anggota Interpol meminta Yellow Notice melalui Biro Pusat Nasional mereka dan memberikan informasi tentang kasus tersebut.

Pemberitahuan tersebut kemudian diterbitkan oleh Sekretariat Jenderal di database Interpol, yang memperingatkan polisi di semua negara anggota Interpol terkait Yellow Notice.

Baca Juga: Profil Eril, Anak Ridwan Kamil yang Hilang di Sungai Aare Swiss

Seperti diketahui, putra pertama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yakni Emmeril Khan Mumtadz (Eril) hilang terbawa arus saat sedang berenang di Sungai Aare, Bern, Swiss pada Kamis (26/5/2022).

Saat kejadian, Eril memang tengah berada di Swiss bersama keluarga Ridwan Kamil lainnya lantaran sedang mencari tempat melanjutkan sekolah S-2. Ridwan Kamil yang sedang tugas dinas di Inggris langsung menyusul ke Swiss untuk memantau langsung pencarian putra sulungnya.

 

Berita ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul: Apa Itu Yellow Notice? Terkait Pencarian Anak Ridwan Kamil Eril Khan

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya