Kategori: Nasional

Arti Mudik & Pulang Kampung Masih Tuai Perdebatan, Ini Kata Pakar UGM


Solopos.com/Nugroho Meidinata/Newswire

Solopos.com, JOGJA - Masyarakat masih diperdebatkan dengan arti mudik dan pulang kampung. Hal ini terjadi lantaran Presiden Jokowi menyebutnya berbeda pada acara Mata Najwa Trans7, Rabu (22/4/2020) malam.

Pakar sekaligus sejarawan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Joko Suryo juga angkat bicara.

Susul Belva Devara, CEO Amartha Andi Taufan Mundur dari Staf Khusus Presiden Jokowi

"Mudik dan pulang kampung dalam Ramadan itu sama. Mudik itu dalam pengertian orang dari kota kembali ke desa. Mudik itu karena ada tujuan untuk melakukan tradisi. Jadi, untuk ziarah atau bersilaturahmi kepada keluarga," jelas Joko kepada Suara.com, Jumat (24/4/2020).

Menurutnya, mudik adalah sebuah tradisi yang dilakukan dalam waktu sebentar. Tradisi tersebut memiliki tiga aspek, yakni sosial, ekonomi, dan budaya.

Round Up Corona Sragen: Positif dari Klaster Gowa Terus Bertambah

"Mudik itu dia pulang hanya sebentar saja. Dia melakukan sebuah liburan spesial untuk keluarganya. Sebenarnya lebih kepada tradisi silaturahmi. Ekonomi artinya kan mereka memutuskan ke kota lalu bekerja mencari nafkah. Itu mereka pilih karena di desa sudah tidak bisa mencari kerja yang sesuai. Sosial dan budaya sendiri banyak orang yang bertemu dan bersilaturahmi bersama keluarga," lanjutnya.

PT Charoen Pokphand Indonesia Serap Ayam Peternak Mandiri Boyolali

"Pulang kampung sendiri kan sebenarnya bukan menengok atau bersilaturahmi dengan waktu singkat. Jadi mereka pulang karena alasan tertentu. Di tengah wabah seperti ini kan terlihat bahwa orang-orang yang bekerja di kota tidak memiliki pekerjaan karena di-PHK atau dirumahkan," bebernya.

Versi KBBI

Jika merujuk pada Kamus Besar Bahasa Indonesai atau KBBI daring, apakah arti kata pulang kampung dan mudik berbeda?

Ketika Solopos.com memasukkan frasa pulang kampung dalam situs Kbbi.kemdikbud.go.id, arti yang muncul adalah kembali ke kampung halaman atau mudik.

Kades Karangtengah Wonogiri dan Selingkuhannya Jadi Tersangka Kasus Perzinaan

KBBI mencontohkan dengan kalimat "Dia -- kampung setelah tidak lagi bekerja di kota."

Sedangkan untuk arti kata mudik di situs KBBI daring terdapat dua arti. Pertama, kata kerja {berlayar, pergi) ke udik (hulu sungai, pedalaman).

Dan arti kedua, pulang ke kampung halaman. KBBI mencontohkan dengan kalimat, "Seminggu menjelang Lebaran sudah banyak orang yang --."

Round Up Covid-19 Boyolali: Tambah 1 Positif, 2 Pasien Sebelumnya Dicoret

Share
Dipublikasikan oleh
Ahmad Baihaqi