SOLOPOS.COM - Ilustrasi menjalankan ibadah haji. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO-Melihat ka’bah secara langsung tentu menjadi dambaan sebagian besar umat Islam, namun bagaimana bila hal itu hanya terjadi di alam mimpi dan apakah artinya? Simak ulasannya di arti mimpi kali ini.

Ka’bah merupakan kiblat umat Islam saat melaksanakan salat. Selain itu, di antara rukun  ibadah haji yang harus dilakukan oleh jemaah calon haji atau umrah adalah tawaf mengelilingi ka’bah. Lalu apa saja tafsir mimpi yang berkaitan dengan ka’bah?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Mengenai hal ini,  seperti dikutip dari NU Online, Senin (5/6/2023), Syekh Ibnu Sirrin dalam Kitab Tafsir Al-Ahlam  menjelaskan sejumlah tafsir mimpi yang berkaitan dengan ka’bah. Di antara makna Ka’bah dalam mimpi adalah kepemimpinan. Menurut Ibnu Sirin, jika seseorang bermimpi melaksanakan shalat di ka’bah artinya dia akan mendapatkan kemuliaan dari penguasa atau pemimpin serta akan mendapatkan keamanan dan kebaikan. Bermimpi memasuki ka’bah menjadi pertanda bahwa ia akan bertamu kepada pemimpin. Jika seseorang bermimpi mengambil sesuatu dari ka’bah, artinya dia akan mendapatkan suatu unsur dari kepemimpinan.

Apabila seseorang bermimpi mendatangi ka’bah dan tidak melakukan ritual apapun di dalamnya, artinya dia akan mendapatkan petunjuk untuk melaksanakan kewajiban/perintah Allah atau melaksanakan kifarat. Jika seseorang bermimpi seolah-olah ka’bah menjadi rumahnya, dia akan senantiasa bersama dengan pemimpin.

Jika seseorang bermimpi seolah-olah dia menyalahi atau melangkahi ka’bah, sesungguhnya orang ini telah menyalahi sunnah Rasulullah dan terjerumus ke dalam golongan pengikut hawa nafsu. Jika seseorang melihat malaikat turun lalu mengangkat pilar ka’bah dan menempatkannya di sebuah kota, maka pemimpin kota tersebut akan mendapatkan fitnah. Jika mimpi melihat ka’bah seolah terbakar, maka ia termasuk kelompok tarikus salat (orang yang meninggalkan salat). Jika mimpi melihat ka’bah seolah berkurang, bertambah, dan berputar dari tempatnya, atau bermimpi seolah kondisi  ka’bah mengalami perubahan maka takwil mimpi tersebut ada pada seorang pemimpin.

Jika mimpi tawaf mengelilingi atau melaksanakan ritual di ka’bah maka hal itu menunjukkan seseorang sedang baik dalam urusan agamanya. Jika seseorang bermimpi menghadap sesuatu yang mirip dengan ka’bah, hal itu menjadi pertanda bahwa amal kebaikannya (agama atau dunia) diterima. Tafsir lain menyebutkan bahwa mimpi tersebut menjadi pertanda akan bertemu dengan seorang pemimpin.

Jika bermimpi mengurangi bacaan/ritual yang tidak sesuai dengan ajaran sunnah, hal itu menjadi tanda seseorang telah berbelok dari ajaran Islam, misalnya melaksanakan salat yang tidak sesuai arah kiblat. Jika seseorang bermimpi seolah ka’bah ada di rumahnya, hal ini menjadi pertanda akan mendapatkan jodoh seorang wanita yang baik dari kalangan terhormat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya