SOLOPOS.COM - Ilustrasi melihat TikTok. (Freepik)

Solopos.com, SOLO-Kata gwenchana sempat viral di TikTok, lalu apa arti istilah tersebut? Istilah tersebut kini menjadi bagian dari tren media sosial baru, membuat banyak pengguna TikTok bertanya-tanya bagaimana semuanya dimulai.

Beberapa tahun yang lalu, dalam serial drama Korea atau drakor populer Welcome to Waikiki (2018-2019), salah satu karakter mengulangi kata-kata tersebut ketika segala sesuatunya tampak tidak baik-baik saja.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Namun, klip suara tersebut baru menjadi viral pada awal September 2023 ketika salah satu akun pengguna @grpr*** mengunggah video dirinya mengulangi kalimat tersebut disertai dengan musik melankolis.

Pada saat yang sama, wajah @grprm._ menyiratkan bahwa segala sesuatunya tidak baik-baik saja, dan pada gwenchana terakhir, pengguna tersebut praktis menangis. TikTok dengan cepat menjadi populer karena nadanya yang ironis dan lucu dan kini telah dilihat lebih dari 28 juta kali. Klip tersebut menghasilkan banyak video lain yang serupa.

Menurut KBoom dan dikutip dari intheknow.com, Rabu (1/11/2023), kata gwenchana dari bahasa Korea memiliki beberapa arti berbeda tetapi secara longgar diterjemahkan menjadi “Saya baik-baik saja” atau “tidak apa-apa.” Tergantung pada konteksnya, ini juga bisa berupa pertanyaan, seperti, “Apakah kamu baik-baik saja?” atau “Oke?” Ini juga merupakan cara lain untuk mengatakan “jangan khawatir” atau sekadar “baiklah”.

Dalam salah satu meme yang dibagikan oleh TikToker @rydr***, seekor kucing luar ruangan dengan ekspresi sedih dan memohon di wajahnya duduk di balik jendela kaca saat klip suara diputar. Di TikTok lainnya, Mehdi Aden (@mehditowear) memfilmkan dirinya melakukan rutinitas perawatan kulit malam di depan cermin dengan ekspresi wajah kalah.

“Ketika Anda melakukan rutinitas perawatan kulit tetapi kulit Anda tidak peduli,” bunyi teks video saat klip suara diputar.

Pengguna Tiktok lainnya yang lain sebenarnya menampilkan sinkronisasi bibir TikTokers bersama dengan audionya. Seiring berjalannya video, mereka tampak emosional.

Banyak klip yang diunggah oleh penggemar media Korea yang akrab dengan arti kata gwenchana. “Aku memikirkan bagaimana jika aku memberontak lebih keras di tahun 2019, aku bisa duduk dengan txt di vmas atau tampil di mv jungkooks,” tulis @thet***  dalam salah satu video sambil merujuk pada beberapa band K-pop.

“Saya menonton editan tiktok setelah menyelesaikan kdrama karena saya memiliki masalah lampiran,” tulis @abyeunic***.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya