SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membuka Rakornas Transisi Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PC-PEN) 2023, Kamis (26/1 - 2023). (Dok. Youtube Kemenko Perekonomian/Bisnis.com)

Solopos.com, SOLO — Rabu Pon menjadi hari istimewa bagi Presiden Jokowi karena pengumuman reshuffle kabinet kerap dilakukan para hari tersebut. Nah, kira-kira apa sih arti sebenarnya Rabu Pon?

Isu tersebut kembali mencuat setelah orang nomor satu di Indonesia itu meminta masyarakat menunggu keputusannya soal reshuffle Kabinet Indonesia Maju pada Rabu Pon. “Masa [1 Februari 2023 Rabu Pon]? Rabu Pon, benar? Ya nanti tunggu saja,” kata Jokowi di Bundaran HI, Jakarta, Minggu (29/1/2023).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat juga memprediksi Jokowi akan mengumumkan reshuffle pada Rabu Pon. “Ya biasanya Rabu Pon, Rabu Pon ya. Rabu Pon itu setiap bulan ada Rabu Pon. Nah jadi kita tunggu saja, Rabu Pon-nya itu yang bulan apa,” ungkap Djarot saat ditemui di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Selasa (3/1/2023).

Ekspedisi Mudik 2024

Lalu apa sih arti Rabu Pon yang terbilang istimewa sebagai hari reshuffle kabinet Jokowi?

Berdasarkan penelusuran Solopos.com, Rabu Pon merupakan hari kelahiran Presiden Jokowi. Dikutip dari Primbon Betaljemur Adammakna karya Kanjeng Pangeran Harya Cakraningrat, Rabu Pon memiliki jumlah neptu 14.

Hal ini membuat orang yang lahir di hari Rabu Pon memiliki empat keistimewaan. “Sebarang pegaweyan bisa, sadhala bae banjur pinter, apa maneh yen diwulang banget anggone ngemen-emenake, cacade rada sungkanan lan ora sugih, nanging lembah manah.”

Pertama, sebarang pegaweyan bisa, yang artinya bisa melakukan segala hal. Kedua, sadhela bae banjur pinter, artinya cepat belajar. Ketiga, yen diwulang bange angone ngemen-emenake, artinya suka memperhatikan saat diberi penjelasan. Keempat, lembah manah yang bermakna baik hati.

Mengutip Primbon Jawa, orang yang lahir di Rabu Pon termasuk orang yang penuh keberuntungan karena semua keputusan selakukan diambil dengan hati-hati. Mereka yang lahir di Rabu Pon juga dikenal tidak mudah putus asa dan memiliki keterampilan sosial. Sehingga mereka lebih mudah bergaul dengan orang lain.

Jika merujuk pada uraian di atas, bisa dibilang Rabu Pon memiliki arti hari baik bagi Presiden Jokowi, karena merupakan hari kelahirannya. Hal itu juga yang kemungkinan menjadi alasan bagi Jokowi melakukan reshuffle kabinet di hari Rabu Pon, meski tidak selalu begitu.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya