SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Penyelenggaraan festival dan seminar seni pertunjukan kontemporer internasional, Art Summit Indonesia 2013, resmi dibuka di ISI Denpasar, Bali, Selasa (8/10/2013).

Mengusung tema Contemporary Art and the Making of Its Market, rangkaian kegiatan yang diselenggarakan mulai Selasa-Jumat (8-25/10/2013) digelar di Bali, Jakarta, Jogja, dan Solo.

Promosi Ijazah Tak Laku, Sarjana Setengah Mati Mencari Kerja

Sebanyak 300 seniman lokal dan internasional dari berbagai negara seperti Korea Selatan, Cina, Austria, Jerman, Inggris dan Amerika Serikat bakal tampil dalam acara yang diselenggarakan setiap tiga tahun ini. Sejumlah kelompok seni pertunjukan independen juga dilibatkan dalam acara ini.

Ekspedisi Mudik 2024

Art Summit Indonesia 2013 menggandeng enam perguruan tinggi seni antara lain ISI Solo, ISI Denpasar, ISI Yogyakarta, ISI Padang Panjang, STSI Bandung, dan Institut Kesenian Jakarta. Gelaran yang kali pertama digelar 1995 lalu ini akan menampilkan beragam seni pertunjukan dan workshop bertema pemasaran seni pertunjukan.

Sebagai salah satu tuan rumah penyelenggara, ISI Solo tengah mempersiapkan serangkaian  agenda penutup festival dan seminar yang digelar di Solo pada 22, 24, dan 25 Oktober mendatang. Staf Humas ISI Solo, Esha Karwinarno, mengatakan dua seniman pertunjukan internasional bakal membagikan workshop dalam kegiatan ini.

“Koreografer Arco Renz dari Belgia dan Komposer Paula J. Bennett dari Jerman akan membagikan ilmunya di Teater Kecil dan Teater Besar ISI Solo, Selasa (22/10/2013) pagi,” terang Esha, ketika berbincang dengan Solopos.com, Senin (7/10/2013).

Selain membagikan ilmunya di dunia tari, lanjutnya, Arco Renz akan tampil di Teater Besar ISI Solo, Kamis (25/10/2013) nanti.

“Selain workshop, nanti juga ada gelar karya dari Arco Renz bersama Kobalt Works. Mereka akan menampilkan pementasan berjudul Solid States,” katanya.

Sebagai penutup rangkaian acara Art Summit Indonesia 2013, Jumat (26/10/2013) malam bakal ditampilkan pertunjukan Ramayana oleh delegasi dari ISI Solo dan Gandini Juggling asal India.

“Penutupan akan dipusatkan di ISI Solo. Delegasi dari ISI Solo dan India akan menutup festival yang digelar setiap tiga tahun ini,” pungkasnya.

Komposer asal ISI Solo, Dedek Wahyudi, rencananya juga bakal mengisi salah satu gelaran Art Summit Indonesia 2013 di Teater Kecil, Taman Ismail Marzuki, Jakarta, Rabu (16/10/2013) malam. Dedek bersama rombongan akan menampilkan komposisi kolaborasi gamelan dan keroncong.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya