Arkeolog Temukan Menara Tengkorak Musuh Aztec di Meksiko

 Menara tengkorak suku Aztec dan prajurit yang dikorbankan. (Reuters)

SOLOPOS.COM - Menara tengkorak suku Aztec dan prajurit yang dikorbankan. (Reuters)

Solopos.com, MEKSIKO — Arkeolog telah menemukan 119 tengkorak wanita suku Aztec, anak-anak dan prajurit yang dikorbankan untuk para dewa. Puluhan tengkoran tersebutu ditemukan di sebuah menara tengkorak di Meksiko.

Pakai Tenaga Nuklir, Matahari Buatan China Berhasil Menyala

Melansir The Sun, Selasa (15/12/2020) Institut Antropologi dan Sejarah Nasional negara Meksiko mengatakan, 119 kepala yang terpenggal lainnya telah ditemukan di kuil abad ke-15 yang mengerikan.

Menara tengkorak setinggi lima meter itu ditemukan selama restorasi sebuah bangunan di kota Meksiko. Menara ini diyakini sebagai bagian dari rak tengkorak dari kuil untuk persembahan dewa matahari, dari perang, dan pengorbanan manusia Aztec.

Penemuan baru yang mengerikan itu diperkirakan merupakan bagian dari HueI Tzompantli, atau serangkaian tengkorak yang pernah membuat takut para penakluk Spanyol, ketika akan merebut kota tersebut.

Simpan Uang dalam Kaleng Susu, Seorang Nenek Kehilangan Ratusan Juta

Menurut para ahli sisa-sisa itu kemungkinan besar milik prajurit yang ditangkap, sementara yang lain kemungkinan orang yang dibunuh dalam pengorbanan ritual untuk menenangkan para dewa.

“Meskipun kami tidak dapat menentukan berapa banyak mereka, individu-individu ini adalah pejuang, mungkin beberapa adalah tawanan yang disisihkan untuk upacara pengorbanan,” kata arkeolog Barrera Rodriguez.

Lebih dari 650 tengkorak kini telah ditemukan di situs dingin, yang sekarang digambarkan sebagai salah satu penemuan arkeologi terpenting di negara itu selama bertahun-tahun. Situs ini terletak di daerah Tempo Maypr, salah satu kuil utama ibu kota Aztec Tenochtitlan di distrik bersejarah kota Meksiko modern.

Lupa Tutup Jendela, Pasangan Ini Tepergok Berhubungan Seks di Hotel Saat Festival Keagamaan

Struktur Arkeologi Paling Mengesankan

Alejandro Frausto Menteri Kebudayaan setempat langsung memberikan pernyataan. Katanya, Huei Tzompantli adalah salah satu penemuan arkeologi paling mengesankan di negara itu, dalam beberapa tahun terakhir.

Pernyataan tersebut mencatat bahwa di Mesoamerika pengorbanan manusia dipandang sebagai cara untuk memastikan kelangsungan alam semesta. Karena alasan itu, para ahli menganggap menara itu sebagai bagunan kehidupan dari pada kematian.

Suku Aztec dan masyrakat Mesoamerika lainya melakukan ritual pengorbanan manusia sebagai persembahan untuk matahari. Para arkeolog sendiri telah mengidentifikasi tiga fase kontruksi menara, yang dimulai antara 1486 dan 1502. Adat pengorbanan manusia sendiri telah dicatat sebagai budaya kuno di seluruh dunia.

Nelayan Ini Kaya Mendadak Setelah Temukan Muntahan Ikan Paus

Para peneliti juga menemukan bahwa penguasa China yang kejam diketahui memperbudak tawanan selama bertahun-tahun. Ini terjadi sebelum membantai mereka, sebagai persembahan ritual kepada dewa.

Sekelompok arkeolog dilaporkan juga menganalisis sisa-sisa korban manusia yang terbunuh selama Dinasti Shang. Dinasti Shang merupakan dinasti yang memerintah Lembah Sungai Kuning antara abad ke-16 dan ke-11 SM.

Berita Terkait

Espos Premium

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Akhirnya Indonesia Pilih Kapal Perang Baru Desain Inggris

Indonesia membeli lisensi desain kapal perang jenis frigat yang akan dibuat oleh PT PAL di Surabaya. Desain yang dipilih adalah Arrowhead 140 dari Babcock, Inggris, yang berbobot lebih dari 5.000 ton dan akan menjadi kapal frigat terbesar Indonesia.

Berita Terkini

Cuaca di Soloraya Panas Pol, Ini Sebabnya

Inilah penyebab cuaca di Soloraya terasa panas selama beberapa hari terakhir.

Tenggelamnya KRI Nanggala Diyakini Bukan Karena Human Error

KSAL Yudo Margono memupus spekulasi yang mengaitkan nahas kapal selam KRI Nanggala-402 dengan human error atau kesalahan manusia.

Modus Baru Terungkap di Solo, Narkoba Dibungkus Kemasan Permen untuk Kelabui Polisi

Satuan Reserse Narkotika Polresta Solo mengungkap 18 kasus perkara dengan 22 tersangka penyalahgunaan narkotika dalam satu bulan terakhir.

TNI Sebut KRI Nanggala-402 Sudah Tidak Bersuara, Apa Maksudnya?

KRI Nanggala-402 sudah tak lagi bersuara. Hanya sonar yang bisa mendeteksi keberadaan kapal selam tersebut.

Pengemis Muda Pura-pura Lumpuh Ditangkap di Pasar Ir Soekarno Sukoharjo Kantongi Uang Rp500.000

Seorang pengemis muda yang berpura-pura lumpuh dan ditangkap di Pasar Ir Soekarno mengantongi uang Rp500.000.

Menko Airlangga Sebut THR Perkuat Daya Beli Masyarakat, Ini Penjelasannya

Pemberian THR karyawan dan buruh pada Lebaran 2021 adalah upaya pemerintah dalam pemulihan ekonomi di Indonesia.

Jozeph Paul Zhang Pernah Jualan Komputer & Ber-KTP Salatiga

Polres Kota Salatiga turut melakukan penyelidikan terkait dugaan kasus penistaan agama Jozeph Paul Zang yang pernah tinggal di kota itu.

Warga Dengar Bunyi Klakson Panjang Saat 2 Truk Molen Tabrakan di Ngargoyoso

Warga di sekitar lokasi kejadian sempat meendengar bunyi klakson panjang sebelum dua truk molen kecelakaan di Ngargoyoso.

AJI Solo Gelar Webinar Soal Fakta & Mitos Vaksinasi Covid-19, Yuk Ikutan

AJI Kota Solo menggelar webinar yang mengulas seluk-beluk fakta dan mitos seputar vaksinasi.

Pemkot Jogja Akan Menerapkan Sistem Parkir Kompak, Apa Itu?

Pemkot jogja akan menata lahan parkir di tepi jalan umum. Ke depan, parkir akan dibuat dengan sistem kompak.

Bocah di Karangpandan Tenggelam Saat Mandi di Sungai

Bocah laki-laki warga Kampung Kidangan RT 002/ RW 006, Doplang, Karangpandan meninggal karena tenggelam saat mandi di sungai.

Agenda Bupati Karanganyar Selama Ramadan, Tausiah Pagi hingga Tarawih Keliling

Bupati Karanganyar, Juliyatmono, mempunyai sejumlah agenda khusus selama Ramadan. Agendanya sudah dimulai sejak hari pertama Ramadan, Selasa (13/4/2021).

MU Lolos ke Semifinal Liga Europa Seusai Berbesar Agregat atas Granada

Manchester United (MU) lolos ke semifinal Liga Europa seusai mempertegas agregat atas Granada lewat kemenangan 2-0

Tak Ada RT Zona Merah dan Oranye di Klaten, Kegiatan Ibadah Ramadan Bisa Digelar di Masjid

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengeluarkan Surat Edaran (SE) terkait panduan ibadah Ramadan dan Idul Fitri. Ibadah tak boleh di masjid jika di wilayah zona merah.

10 Tahun Terkatung-katung, Jagal Kartasura Segera Dieksekusi Hukuman Mati

Eksekusi hukuman mati terhadap jagal asal Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Yulianto bin Wiro Sentono tinggal didepan mata, setelah 10 tahun lamanya terkatung-katung.

Donasi Terkumpul Rp606 Juta, Alfian Siswa SMK Klaten Yang Tersetrum Listrik Saat PKL Bisa Beli Tangan Robotik?

Alfian, siswa SMK di Klaten yang tersetrum listrik hingga keduanya harus diamputasi saat PKL ingin membeli tangan robotik.