Arkeolog Temukan Makam Pendeta Mesir Kuno Berusia 4.400 Tahun

Arkeolog Temukan Makam Pendeta Mesir Kuno Berusia 4.400 Tahun

SOLOPOS.COM - Penemuan makam Hetpet (JIBI/Reuters/Amr Abdallah Dalsh)

Arkeolog menemukan makam pendeta berusia 4.400 tahun di Mesir.

Solopos.com, SOLO – Tim arkeolog menemukan makam kuno yang diyakini sebagai tempat peristirahatan terakhir pendeta wanita bernama Hetpet. Diperkirakan, makam tersebut sudah berusia 4.400 tahun yang lalu.

Makam Hetpet ditemukan dekat Ibu Kota Kairo dan dipenuhi sejumlah lukisan mengenai sang pendeta. Hetpet merupakan pendeta bagi Dewi Kesuburan, Hathor, dalam mitologi Mesir Kuno. Hathor membantu para wanita saat proses bersalin atau melahirkan. Makam tersebut ditemukan saat proses penggalian di dekat Piramida Raksasa Giza. Baca juga: Dua Bangunan Mesir Kuno Ditemukan Aswan

Makam Hetpet, yang berada di bagian barat Giza, merupakan tempat di mana para pejabat dari Dinasti Kelima Kerajaan Mesir Kuno dikebumikan. Sayangnya, beberapa makam sudah digali terlebih dahulu sejak 1842.

“Tentu saja kami tahu bahwa dia adalah seorang pejabat tinggi dan tampaknya memiliki keterkaitan dengan Istana Kerajaan,” terang Menteri Barang Antik Mesir, Khaled al Anani, sebagaimana dilansir Okezone dari BBC, Minggu (4/2/2018).

Makam tersebut memiliki gaya arsitektur serta elemen-elemen dekorasi khas dari Dinasti Kelima. Salah satu cirinya adalah pintu masuk yang menuju makam berbentuk L. Sementara itu, sejumlah lukisan yang ada di dalam makam menggambarkan berbagai aktivitas Hetpet, seperti berburu, memancing, dansa, serta seekor monyet tengah menari. Baca juga: Patung Kayu Ratu Mesir Kuno Ditemukan di Dekat Piramida Giza

“Suasana semacam itu sangat jarang dan hanya bisa ditemukan sebelumnya di makam (Kerajaan Kuno) Ka-Iber di mana sebuah lukisan menggambarkan seekor monyet tengah menari di hadapan gitaris, tetapi bukan orkestra,” ungkap Sekretaris Jenderal Mahkamah Tinggi Barang Antik, Mostafa Waziri.

Tim arkeologi tidak hanya berhenti sampai di sana karena penggalian terus dilakukan di kawasan tersebut. Menteri Barang Antik, Khaled al Anani, amat berharap mereka dapat kembali menemukan peninggalan Mesir Kuno di area tersebut.

Berita Terkait

Berita Terkini

DK PBB Segera Bahas Palestina, Indonesia Pesan ke 3 Negara

Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi mengirimkan pesan kepada menlu tiga negara terkait Palestina menjelang rapat Dewan Keamanan PBB.

Kapolda Jateng: Balik Ke Jakarta Wajib Bawa Hasil Swab dan Surat Izin

Kapolda Jawa Tengah (Jateng), Irjen Pol. Ahmad Luthfi meminta masyarakat yang hendak balik ke Jakarta membawa hasil uji swab dari fasilitas kesehatan lokal.

Israel Runtuhkan Kantor Al Jazeera & AP di Gaza

Gedung kantor media internasional Al Jazeera asal Qatar dan Associated Press asal Amerika Serikat di Jalur Gaza runtuh dibom Israel.

28 Pemudik ke Jateng Positif Covid-19

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus mengimbau masyarakat Jateng di perantauan untuk tidak mudik Lebaran 2021 demi mencegah Covid-19.

1,5 Juta Orang Bakal Balik ke Jabodetabek

Sebanyak 1,5 juta orang diperkirakan bakal berkendara memasuki wilayah Jabodetabek selama periode arus balik mudik Lebaran 2021.

Kapal Penangkap Ikan Indonesia Kecelakaan di Samudera Hindia

Kementerian Luar Negeri menginformasikan adanya kapal penangkap ikan bernama KM Bandar Nelayan 188 yang kecelakaan mengalami kebocoran di Samudera Hindia.

Ini Nama-Nama Korban Perahu Terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali

Sebanyak sembilan orang menjadi korban perahu wisata yang terbalik di Waduk Kedungombo Boyolali, Sabtu (15/5/2021) siang WIB. Sementara 11 orang lainnya dinyatakan selamat.

Mau Bikin Video Klip Tema Alam? Cek Dulu Sekipan

Mau bikin video klip tema alam? Anda bisa cek ke Sekipan, Tawangmangu.

Pemboman Israel Hancurkan Gedung Pusat Media di Gaza

Pesawat-pesawat tempur Israel pada Sabtu (15/5/2021) menghancurkan sebuah gedung tempat sejumlah media internasional seperti Aljazeera dan Associated Press berkantor.

Istri PB XII Tutup Usia, Saatnya Regenerasi Pengelolaan Keraton Solo?

Petugas Humas dari Maha Menteri Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat, K.G.P.H.P.A. Tedjowulan, K.P. Bambang Pradotonagoro, menilai sudah saatnya dilakukan persiapan regenerasi pengelolaan Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.

Kita Harus Menjadi Guru

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu, 5 Mei 2021. Esai ini karya Ardian Nur Rizki, guru di Sekolah Indonesia Luar Negeri Johor Bahru, Malaysia.

BTS Jadi Bintang Tamu di "Friends: The Reunion," Begini Respons Penggemar

BTS jadi bintang tamu di Friends: The Reunion.