SOLOPOS.COM - Ilustrasi/detikcom

Ilustrasi/detikcom

MEKSIKO—Para arkeolog di Meksiko berhasil menemukan kerangka manusia yang berusia ratusan tahun. Ditemukan sekitar 12 kerangka manusia dewasa dan anak-anak yang diperkirakan telah terkubur di dalam tanah sejak 800 tahun lalu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kerangka-kerangka tersebut ditemukan di wilayah Cholula, yang terletak sekitar 120 km dari Mexico City. Kerangka pertama yang ditemukan berbentuk tengkorak dan ditemukan pada 8 Desember lalu. Selanjutnya, ditemukanlah sejumlah kerangka lainnya yang setelah diidentifikasi ternyata berasal dari 12 individu yang berbeda.

Demikian disampaikan oleh Institut Antropologi dan Sejarah Nasional dan dilansir AFP, Sabtu (29/12/2012). Para arkeolog menemukan kerangka-kerangka tersebut terkubur sedalam beberapa centimeter saja, tepat di bawah aspal di wilayah tersebut. Untunglah kerangka-kerangka tersebut ditemukan tidak dalam kondisi hancur.

“Untungnya kerangka tersebut tidak rusak karena erosi sebelum pengaspalan dilakukan,” ujar salah seorang arkeolog Ashuni Romero Butron.

Lebih lanjut, Ashuni menjelaskan, 12 kerangka manusia tersebut masih utuh. Jenis kelamin dan asal etnis belum diketahui, karena masih harus dilakukan pemeriksaan laboratorium. Kendati demikian, Ashuni memperkirakan bahwa kerangka-kerangka tersebut merupakan milik penduduk dari zaman Tolteca-Chichimeca dan Olmeca-Xicalanca yang hidup 800 tahun lalu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya