SOLOPOS.COM - Ilustrasi menghitung uang. (JIBI/Solopos/Dok.)

Harianjogja.com, JOGJA- Arisan Manusia Membantu Manusia (MMM) ternyata dari Rusia. Didirikan oleh Sergey Mavrodi. Pada Februari 1994 MMM memulai usaha skema ponzi. Mereka mengumpulkan dana dari masyarakat dengan iming-iming keuntungan tinggi, tetapi dengan merekrut anggota lainnya.

Di masa itu, MMM mengumpulkan dana masyarakat dengan janji hasil investasi 1.000% setahun. Rakyat Rusia yang sedang dalam masa transisi reformasi berbondong-bondong menanamkan duitnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

MMM berhasil mengumpulkan dana rakyat Rusia dalam jumlah yang sangat besar, sampai mencapai US$50 juta per hari. Bisnisnya tetap berjalan karena skema ponzi belum diatur di Rusia.

Pada Juli 1994, MMM ditutup pemerintah Rusia karena tuduhan pengelapan pajak. Saat itu, MMM berutang antara 50 miliar-100 triliun rubel.
Setidaknya 50 investor bunuh diri karena tidak mendapatkan uangnya kembali. MMM kemudian dinyatakan bangkrut pada bulan September 1997.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya