Arif Sugianto Resmi Jadi Wakil Bupati Kebumen
Pengambilan sumpah jabatan dan pelantikan wakil bupati Kebumen sisa masa jabatan 2016-2021 oleh Gubernur Ganjar Pranowo di Gedung Gradhika Semarang, Senin (29/4/2019). (Bisnis-Alif Nazzala Rizqi)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Senin (29/4/2019), melantik Arif Sugianto sebagai wakil bupati Kebumen sisa masa jabatan 2016-2021 . Dengan pelantikan yang digelar di Gedung Gradhika, Kota Semarang, Jateng itu maka Arif resmi sebagaiwakil kepala daerah pengganti antarwaktu.

Arif Sugianto terpilih sebagai wakil bupati Kebumen pada Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Kebumen, Senin (25/3/2019) lalu, dengan perolehan 41 suara. Pesaingnya, Busro, 59, pensiunan pegawai Kementerian Keuangan hanya meraih tiga suara.

Arif merupakan mantan anggota Polri yang saat ini menjadi komisaris sebuah perusahaan juga bendahara PCNU Kabupaten Kebumen. "Ada yang bagus saya kira, Pak Arif ini polisi. Beliau punya pengalaman penegakan hukum yang bagus," kata Ganjar. 

Bermodal pemahaman yang mendalam terhadap dunia hukum tersebut, Ganjar yakin Arif mampu melakukan reformasi birokrasi di Kabupaten Kebumen. Terlebih lagi, katanya, kepemimpinan di Kebumen masih fresh sehingga memungkinkan dilakukan perbaikan birokrasi lebih cepat dilakukan. 

"Maka beliau pas, beliau bisa bercerita pengalaman apa itu pelanggaran hukum, bagaimana sakitnya orang kalau terkena masalah hukum dan itu sebenarnya bisa ditarik ke belakang agar kita tidak masuk ke sana. Maka perbaikan harus dilakukan," katanya. 

Kalau Arif sebagai wakil bupati, lanjut Ganjar, maka harus memerankan diri untuk melakukan reformasi birokrasi yang tugasnya sama dengan wakil gubernur. Berpijak hal itu, Ganjar juga yakin Arif mampu mendorong perbaikan perekonomian.

Namun Ganjar menggaris bawahi, untuk melakukan itu semua harus diawali dengan pendataan yang baik.  "Itu potret umum yang ada di sana. Kalau itu bisa diketahui dan dicatat dengan baik, maka sebagai fungsi wakil akan bisa mendorong, salah satunya untuk mengurangi kemiskinan. Untuk bisa mengurangi harus punya data. Potret yang ada itulah bisa dikembangkan UMKM, pendampingan keahlian, permodalan sampai mereka naik kelas," ujarnya. 

Meski tidak berlatar belakang politikus, Ganjar berharap Arif cepat melakukan penyesuaian dengan Yazid Mahfudz yang sebelumnya juga telah dilantik Ganjar sebagai bupati Kebumen. "Pulang dari sini gas pol. Setelah ini saya akan ke sana. Mari kita rakit, kita tata masyarakat dan ciptakan suasa ayem. Kalau perlu diajak piknik. Untuk kebumen yang lebih maju dan hebat," ucap Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho