SOLOPOS.COM - Ariel Sharon (Reuters)

Solopos.com, RAMALAH – Mantan PM Israel Arien Sharon meninggal duni Sabtu (11/1/2014). Sharon disebut sebagai penjahat perang yang tak pernah diadili.

Seorang tokoh senior Palestina menyebut mantan PM Israel Ariel Sharon yang meninggal pada Sabtu, sebagai penjahat dan menyesali Sharon tidak pernah dihadapkan ke sidang Mahkamah Pidana Internasional.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Sharon adalah penjahat, yang bertanggung jawab atas pembunuhan (Presiden Palestina Yasser) Arafat, dan kami akan berharap untuk melihat dia tampil di hadapan Pengadilan Kriminal Internasional sebagai penjahat perang,” kata Jibril Rajub, pejabat senior dari partai Fatah.

Arafat meninggal di Prancis pada 11 November 2004, sementara Sharon, yang meninggal pada Sabtu telah dalam keadaan koma sejak 2006.

Gerakan Islam Hamas, yang menguasai Jalur Gaza mengatakan kematian Sharon adalah ‘momen bersejarah’ menandai ‘lenyapnya seorang penjahat yang tangannya berlumuran darah Palestina.”

Ahmed Yassin, yang adalah pendiri dan pemimpin spiritual militan gerakan Hamas, dibunuh oleh Israel di bawah kepemimpinan Sharon pada 2004.

Sarah Leah Whitson, direktur Timur Tengah di Human Rights Watch, juga menyesal bahwa Sharon tidak pernah menghadapi pengadilan, khususnya atas perannya di kamp pembunuhan Beirut.

“Ini memalukan bahwa Sharon telah pergi ke kubur tanpa menghadapi keadilan bagi perannya di Sabra dan Shatila dan pelanggaran-pelanggaran lainnya,” katanya dalam sebuah pernyataan.

“Kematiannya adalah pengingat suram lain dalam tahun impunitas virtual untuk pelanggaran hak asasi tidak melakukan apa pun untuk membawa perdamaian Israel-Palestina lebih dekat.

Bagi ribuan korban pelanggaran, Sharon melewati tanpa menghadapi pengadilan atas tragedi besar mereka.

Pada 1982, sebagai menteri pertahanan, Sharon mendalangi bencana invasi Israel di Lebanon, ketika pasukan mengepung markas Organisasi Pembebasan Palestina di Beirut.

Masa jabatannya sebagai menteri pertahanan berakhir setelah satu komite Israel menempatkan tanggung jawab pribadi secara ‘tidak langsung’ padanya untuk pembantaian ratusan orang Palestina pada 1982 oleh Falangis Lebanon sekutu Israel di Sabra Beirut dan Kamp pengungsi Shatila.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya