SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Yogyakarta–Para peserta dan penggembira Muktamar Satu Abad Muhammadiyah di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta diharapkan tidak merokok selama kegiatan karena sudah ada ketentuan bahwa area muktamar bebas asap rokok.

“Hal itu terkait dengan fatwa Majelis Tarjih dan Tajdid Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah mengenai rokok dan kebijakan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) tentang larangan merokok di wilayah kampus,” kata Ketua Otorita UMY Husni Amriyanto di Yogyakarta, Sabtu (26/6).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia UMY telah lama mengambil kebijakan larangan merokok di wilayah kampus. Berkaitan dengan hal itu, dalam penyelenggaraan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah diharapkan peserta dan seluruh pendukung kegiatan untuk tidak merokok.

Wakil Ketua Lembaga Pustaka PP Muhammadiyah Muchlas mengatakan para peserta dan penggembira muktamar diimbau untuk tidak merokok selama kegiatan dan saat berada di lingkungan kampus.

Menurut dia para peserta dan penggembira muktamar secara umum akan diberikan imbauan untuk tidak merokok saat berada di lingkungan kampus maupun area pelaksanaan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah.

“Kami hanya mengimbau para peserta dan penggembira muktamar untuk tidak merokok, karena merokok adalah hak pribadi. Namun, ketika sudah berada di luar lingkungan kampus dan tempat pelaksanaan Muktamar Satu Abad Muhammadiyah, terserah masing-masing individu,” katanya.

Ia mengatakan merokok lebih banyak mudharat (kerugian) daripada manfaatnya, sehingga kebijakan  larangan merokok  di lingkungan kampus merupakan langkah yang bijaksana.

“Saya setuju dengan kebijakan itu, karena bagi saya merokok itu banyak kerugiannya daripada manfaatnya. Saya merokok sejak 1977 hingga 1988, sehingga saya bisa merasakan lebih banyak mudharatnya,” katanya.

ant/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya