Tutup Iklan

ARCEO KE-38: PT Inka Madiun Targetkan Kuasai Pasar ASEAN

ARCEO KE-38: PT Inka Madiun Targetkan Kuasai Pasar ASEAN

SOLOPOS.COM - Sejumlah delegasi ARCEO ke-38 berkunjung di PT Inka, Madiun, Jawa Timur, Rabu (19/10/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

PT Inka Madiun menargetkan bisa menguasai pasar ASEAN dalam produk perkeretaapian.

Solopos.com, MADIUN — Tujuh perwakilan dari perusahaan operator kereta api di Asia Tenggara berkunjung ke PT Industri Kereta Api (Inka) di Kota Madiun, Jawa Timur, Rabu (19/10/2016).

Kedatangan mereka di PT Inka merupakan rangkaian dari ASEAN Railways CEO’s Conference (ARCEO) ke-38. Tujuh perusahaan operator kereta api di Asia Tenggara masing-masing dari Indonesia, Thailand, Malaysia, Vietnam, Kamboja, Laos, dan Myanmar.

Mereka sudah mengikuti kegiatan ARCEO ke-38 sejak dua hari yang lalu dan bertempat di Yogyakarta. Dalam kesempatan itu, Direktur Utama PT Inka, Agus Purnomo, mengatakan PT Inka berharap bisa menguasai pasar bidang perkeretaapian di tingkat Asia Tenggara.

Sejauh ini, negara ASEAN yang sudah bekerja sama dengan Inka yaitu Malaysia dan Singapura.“Kami berharap, Thailand, Myanmar, Laos, dan Kamboja, bisa bekerja sama dengan kami,” ujar dia.

Dia menuturkan teknologi PT Inka saat ini sangat mumpuni untuk bersaing dan memenuhi kebutuhan perkeretaapian di negara-negara ASEAN. Saat ini produk PT Inka sudah diekspor ke sejumlah negara, seperti Malaysia, Singapura, Australia, dan negara lainnya.

Agus menambahkan pasar ekspor terbaru produk PT Inka yaitu Bangladesh dengan 150 kereta penumpang. “Kami siap memenuhi kebutuhan kereta untuk negara anggota ARCEO,” jelas dia.

Dalam kunjungan itu, delegasi ARCEO juga diajak berkeliling PT Inka dan melihat proses pembuatan kereta. Dalam kunjungan itu, Malaysia diwakili Dato Haji Sarbini selaku President dari Kereta Api Tanah Melayu Berhad (KTMB), Thailand diwakili Voravuth Mala selaku Deputy Governor of Locomotive and Rolling Stock Business Cluster dari State Railway of Thailand, Vietnam diwakili Ngo Cao Van selaku Deputy General Director dari Vietnam Railway.

Kamboja diwakili Chan Samleng selaku Director of Railway Department dari Royal Railway of Cambodia, Laos diwakili Sonesack N. Nhansana selaku Deputy General of Department of Railway dari Lao Railway Authority Laos, dan Myanmar diwakili Thurein Win selaku Managing Director dari Myanmar Railways. Sedangkan perwakilan dari Indonesia, delegasinya diketuai oleh Didiek Hartantyo selaku Direktur Keungan dari PT KAI (Persero).

Berita Terkait

Berita Terkini

Yamaha XSR 155 Jadi Andalan Sepeda Motor Harian dan Touring

Daya tarik XSR 155 kian melekat di hati konsumen Indonesia yang menjatuhkan pilihannya pada motor sport heritage itu.

Penting, Ini Tips Mendapatkan Review Bagus dari Pembeli di Tokopedia

Review pembeli sangat menentukan performa dan penjualan toko online di e-commerce, termasuk di Tokopedia.

Mayat Pria Tanpa Identitas Ditemukan di Pantai Samas Bantul, Ini Ciri-Cirinya

Mayat seorang pria paruh baya ditemukan di pinggir Pantai Samas Bantul. Belum diketahui identitas mayat tersebut.

Copa America: Pertahanan Kokoh, Venezuela Tahan Imbang Kolombia 0-0

Kolombia harus berbagi satu poin setelah bermain imbang 0-0 dalam pertandingan Grup B Copa America 2021 di Estadio Olimpico Pedro Ludovico, Goiania.

Proklim, Cara Pemkot Magelang Dukung Jateng Gayeng Telung Ng

Program Jateng Gayeng Telung Ng jadi perhatian Pemkot Magelang dengan gerakan Program Kampung Iklim (Proklim).

Lewat Online Shop Ini Anji Pesan Ganja, Tapi Jangan Coba-Coba Order

Ganja yang digunakan Anji dibeli dari AS melalui sebuah online shop. Ia menggunakan ID orang lain untuk bisa membelinya.

Gunung Merapi Pagi Ini: 2 Kali Luncurkan Awan Panas Guguran dan Lava Pijar sejauh 1,4 Km

Gunung Merapi pagi ini terpantau mengeluarkan dua kali awan panas guguran. Status erapi belum berubah, masih Siaga.

Nama Pati Rupanya Berasal dari Peleburan Tiga Kadipaten

Kisah ini diawali dari pelarian Dewi  Ruyung Wulan, putri dari Adipati Carangsaka yang dinikahkan paksa dengan Menak Jasari, putra dari Kadipaten Paranggaruda.

10 Berita Terpopuler : Saminisme Ajaran Asli Indonesia - Mahasiswi Terjun ke Sungai

Ulasan tentang ajaran saminisme hingga mahasiswi nekat terjun ke sungai dari jembatan masuk daftar 10 berita terpopuler Solopos.com pagi ini.

Ada Pemberlakuan Aturan Baru Aktivitas Publik di Banyumas

Sejumlah langkah tegas disiapkan Pemkab Banyumas untuk membatasi aktivitas publik masyarakat selama pandemi Covid-19.

Anjlok Lagi, Berikut Harga Emas Pegadaian Hari Ini Jumat 18 Juni 2021

Harga emas batangan 24 karat di Pegadaian pada hari ini, Jumat (17/6/2021) kembali turun, baik untuk cetakan UBS maupun Antam.

Solopos Hari Ini: Tarik Rem Darurat

Solopos edisi Jumat (18/6/2021) mengulas soal lonjakan kasus Covid-19 yang harus diatasi pemerintah. Tingginya angka kasus harian Covid-19 bisa membuat fasilitas kesehatan kolaps.