Tutup Iklan

Arcandra Tahar Kembali Jadi Calon Menteri ESDM

Arcandra Tahar Kembali Jadi Calon Menteri ESDM

SOLOPOS.COM - Arcandra Tahar. (JIBI/Solopos/Antara/Akbar Nugroho Gumay)

Arcandra Tahar kembali menjadi calon Menteri ESDM yang dikantongi oleh Presiden Jokowi.

Solopos.com, JAKARTA -- Pihak Istana Kepresidenan menyatakan bahwa sejak pekan lalu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengantongi calon nama yang akan dilantik menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) definitif.

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Johan Budi menyatakan dari nama-nama tersebut, mantan Menteri ESDM yang sempat terjerat masalah kewarganegaraan, Arcandra Tahar, juga masuk dalam usulan. Kendati demikian, dia tidak merinci siapa saja nama lainnya yang masuk dalam kandidat Menteri ESDM yang kosong sejak 15 Agustus 2016 itu.

“Minggu lalu, sudah ada nama-nama yang akan ditunjuk sebagai Menteri ESDM. Sebelumnya ada beberapa usulan yang masuk, termasuk AT [Arcandra Tahar] juga,” katanya, di kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (12/10/2016).

Johan Budi mengaku tidak tahu persis rencana waktu pelantikan Menteri ESDM definitif tersebut. Namun, dia mengatakan Presiden menginginkan pelantikan dilakukan secepatnya.

“Saya kira Presiden Jokowi dengan Wapres JK yang tau kapan diumumkan. Tapi yang pasti, sejumlah nama-nama sudah ada,” ujarnya. Baca juga:
Jadi WNI Lagi, Isu Arcandra Tahar Jadi Menteri ESDM Kian Santer.

Sebelumnya, Kementerian Hukum dan HAM kembali mengukuhkan status kewarganegaraan Arcandra Tahar sebagai warga negara Indonesia (WNI). Kembalinya status Arcandra sebagai WNI itu lah yang membuat spekulasi bahwa Presiden akan mengembalikan posisinya sebagai Menteri ESDM. Pasalnya, Arcandra memutuskan untuk mundur dari posisi tersebut karena dirinya memiliki dual citizenship atau kewarganegaraan ganda.

Berita Terkait

Berita Terkini

Viral di Tiktok, Ini Lirik dan Terjemahan Lagu Meurindu - Rialdoni

Lirik dan terjemahan lagu meurindu milik penyanyi Aceh banyak dicari setelah viral di media sosial, yuk simak baik-baik di sini!

Gojek Luncurkan Festival Kuliner Solo, Catat Tanggalnya

Gojek berkolaborasi dengan Pemerintah Kota Solo menghadirkan Festival Kuliner Solo (FKS) yang melibatkan ratusan mitra usaha Go Food.

Kasus Covid-19 Klaster Pabrik Sepatu Karanganyar Masih Terus Bertambah, Total 113 Orang

Jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 dari klaster pabrik sepatu di Kecamatan Jaten, Kabupaten Karanganyar, masih terus bertambah.

Begini Cara Mengajari Anak Berwirausaha Sejak Dini

Agar buah hati termotivasi jadi pengusaha, tak ada salahnya orang tua mengajari anak berwirausaha.

Tiga Cara Menikmati Croffle Hits dari Tjemilan oleh Kopi Soe

Sebagai kedai camilan favorit masyarakat, Tjemilan oleh Kopi Soe juga menghadirkan aneka varian croffle yang dinamai #Soeffle.

Tren Naik, Kasus Covid-19 di Sukoharjo Tambah 88 Orang dalam Sehari

Kasus Covid-19 di Sukoharjo bertambah 88 orang dalam sehari pada Kamis (24/6/2021). Penambahan itu membuktikan tren penambahan kasus Covid-19 di Sukoharjo masih naik.

Bapas Solo Sebut Mediasi Kasus Perusakan Makam Oleh Anak-Anak Di Mojo Telah Selesai, Hasilnya?

Proses mediasi kasus perusakan makam Mojo, Pasar Kliwon, Solo, yang melibatkan 10 anak-anak sudah selesai dengan pendampingan Bapas.

Melonjak! Pemusalaran Jenazah Prosedur Covid-19 di Sukoharjo Capai 22 Orang dalam Sehari

Sebanyak 22 jenazah dimakamkan dengan prosedur Covid-19 di Kabupaten Sukoharjo dalam sehari. Kondisi ini melonjak tajam dari biasanya empat jenazah.

Diduga Gegara Depresi, Perempuan asal Pati Terjun ke Sumur

Seorang perempuan di Pati diduga nekat mengakhiri hidup dengan menceburkan diri ke sumur. Korban ditemukan dalam keadaan meninggal dunia.

Bangun Tidur Buka Jendela, Warga Sukodono Sragen Shock Temukan Tetangga Gantung Diri

Seorang pria lansia asal Sukodono, Sragen, nekat mengakhiri hidup dengan cara gantung diri di belandar rumah pada Jumat (25/6/2021).

Uji Sampel Covid-19 Melonjak, BBVet Wates Kulonprogo Kewalahan

Balai Besar Veteriner (BBVet) Wates kewalahan menguji sampel lantaran melonjaknya kasus Covid-19 di Kulonprogo.

Faktor Ratusan ODGJ Bisa Sembuh dari Covid-19: Tak Stres Pikirkan Corona

Ratusan pasien ODGJ dinyatakan sembuh dari Covid-19 setelah menjalani perawatan di rumah sakit selama sebulan, begini penjelasannya.