SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Pengamat politik dari Universitas Indonesia Arbi Sanit tidak melihat potensi kemampuan ketiga calon kandidat Ketua Umum Partai Demokrat yang pantas terpilih dalam Kongres Demokrat yang mulai berlangsung hari ini.

“Ketiga calon itu pecundang, secara politik mereka kalah, tapi mereka pandai dalam beretorika.” kata Arbi Sanit saat dihubungi Tempo, Jumat (21/5).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Marzuki Alie dan Anas Urbaningrum, kata Arbi, dinilai kalah dalam kasus Century, sedangkan Andi Malarangeng telah diinjak-injak Nurdin Khalid.

Ekspedisi Mudik 2024

Keengganan Arbi mengomentari peluang masing-masing kandidat Ketua Umum Partai Demokrat karena menganggap ketiga calon tersebut dinilai tidak mampu memajukan dan membesarkan partai, “Saya malah khawatir akan terjadi penurunan, substansi tidak ada.”

Kongres Partai Demokrat, menurut Arbi, hanya sekedar regenerasi dan formalitas. Arbi juga sangsi kongres bisa menghasilkan sesuatu yang penting atau signifikan. “Kecuali dalam kongres tersebut menyusun calon Presiden 2014,” ujarnya.

Presiden Susilo Bambang Yudoyono dipastikan akan mengikuti kongres selama tiga hari dari tanggal 21-23 Mei dengan pengamanan ketat. Menanggapi kehadiran SBY tersebut, Arbi Sanit mengatakan secara formal itu adalah hal wajar karena SBY adalah pemimpin dan pengurus Partai Demokrat. “Tapi secara kenegaraan, apa iya selama tiga hari itu Indonesia tidak membutuhkan Presiden?” tanyanya.

tempointeraktif/rif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya