Arab Saudi Setop Terbitkan Visa Umrah, Jemaah Indonesia Harap Bersabar
Jemaah umrah di Masjidil Haram. (Bisnis-Reuters-Amr Abdallah Dalsh)

Solopos.com, JAKARTA -- Jemaah asal Indonesia diminta bersabar menunggu keputusan Arab Saudi untuk membuka kembali akses masuk dan penerbitan visa umrah yang dihentikan sementara sebagai dampak penyebaran virus corona.

Staf Khusus Menteri Agama Ubaidillah Amin menyatakan sudah berkomunikasi dengan pihak Arab Saudi terkait penghentian sementara penerbitan visa umrah.

Truk Ringsek Dihantam KA Argo Lawu di Jogonalan Klaten

Ubaidillah Amin mengatakan Direktorat Jenderal Penyelengaraan Haji dan Umrah (PHU) sudah meminta jajarannya melakukan inspeksi mendadak ke bandara sebagai antisipasi banyak jamaah tertahan di bandara.

"[Kita] Menghormati keputusan Arab Saudi sebagai bentuk antisipasi menyebarnya virus corona, meminta semua jemaah umrah Indonesia untuk bersabar sambil menunggu pemerintah Arab Saudi membuka kembali," katanya kepada Bisnis/JIBI, Kamis (27/2/2020).

Pelajar Tanpa SIM di Boyolali Bebas Tilang di Jam Ini, Tapi Ada Syaratnya

Kemenag juga telah meminta para pengelola biro perjalanan umrah untuk proaktif mengelola dan memberikan informasi kepada para jemaahnya terkait kebijakan Arab Saudi itu.

Sementara itu, berdasarkan laporan dari pengawasan di bandara, sejumlah maskapai seperti Garuda Indonesia, Saudia Airlines, Citilink, dan Lion Air masih melaksanakan jadwal penerbangan menuju Arab Saudi seperti biasa pada Kamis ini.

Yeay, Bakal Ada Food Truck di City Walk Jl. Slamet Riyadi Solo

Seperti diketahui, Kerajaan Saudi menghentikan sementara penerbitan visa umrah untuk mencegah masuknya virus corona atau Covid-19.

Dalam siaran persnya, Wakil Menteri Haji dan Umrah untuk Urusan Umrah Abdulaziz bin Wazzan mengatakan kebijakan itu diambil berdasarkan instruksi yang diterima oleh Kementerian Haji dan Umrah mengenai tindakan pencegahan masuknya virus Corona baru.

"Maka telah dilaksanakan penangguhan masuknya warga non-Saudi ke Kerajaan Saudi untuk tujuan Umrah dan kunjungan lainnya serta penghentian penerbitan visa untuk sementara," katanya.

Sumber: bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho