Arab Saudi Izinkan Umrah Mulai 4 Oktober 2020, Begini Skenarionya
Ka'bah ditutup karena virus corona (Twitter/@IimFeed).

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah Arab Saudi segera membuka kembali sarana prasarana untuk umat muslim beribadah umrah. Pembukaan ini bakal dilakukan secara bertahap sesuai penurunan kasus pandemi Covid-19.

Rencananya, masyarakat Arab Saudi bisa kembali melakukan ibadah umrah pada 4 Oktober 2020. Sementara umat muslim dari luar Arab Saudi bisa menunaikan umrah pada 1 November 2020. Namun, pemerintah Arab Saudi memberikan pembatasan hanya negara tertentu yang boleh melaksanakan ibadah ke tempat mereka.

"Muslim luar Saudi dari negara tertentu (specific countries) bisa kembali umroh mulai 1 November 2020. Pemerintah mengatakan kapasitas umroh akan kembali sepenuhnya hanya jika ancaman virus corona telah hilang," demikian penjelasan dari otoritas Arab Saudi seperti disiarkan Deutsche Welle sebagaimana dikutip Detik.com, Rabu (23/9/2020).

Solo Kondusif, Danrem Warastratana: Kerja Sama Sip TNI, Polri, dan PSHT

Mereka pun menyusun sederet fase pembukaan untuk pelaksanaan ibadah umrah. Berikut penjelasannya:

Fase pertama

Dilakukan 4 Oktober 2020 dengan kapasitas 6.000 jemaah di wilayah Arab Saudi. Ini merupakan kapasitas maksimal jemaah umrah per hari pada 2020.

Fase kedua

Dilaksanakan 18 Oktober 2020 dengan kapasitas maksimal 15.000 jemaah. Peningkatan kapasitas dilakukan dengan mengutamakan kesehatan serta keselamatan jemaah.

Tanggapi Aksi Hitamkan Solo, Danrem Warastratama: Kami Siap Hijaukan!

Faseketiga

Kapasitas jemaah umrah akan ditingkatkan menjadi 20.000 orang per hari mulai 1 November 2020. Jemaah nantinya harus memesan tempat lebih dulu melalui aplikasi untuk tempat dan tanggal ibadah tertentu. Melalui aplikasi ini juga jemaah bisa memilih transportasi dan titik pertemuan selama melaksanakan umrah.

Jika skenario ini berhasil, maka rencananya umrah akan dibuka kembali setelah ditutup hampir tujuh bulan akibat Covid-19.

Selain umrah, pemerintah Arab Saudi juga mengatur dengan ketat pelaksanaan ibadah haji 2020. Ibadah haji hanya bisa dilakukan merea yang tinggal di Arab Saudi dan memenuhi sederet ketentuan.

Sumber: Detik.com



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom