Bendera Arab Saudi. (Reuters)

Solopos.com, RIYADH – Pemerintah Arab Saudi terus menciptakan gebrakan baru di bidang regulasi. Negara yang selama ini dikenal ultra-konservatif itu mengizinkan wanita dan pria asing tanpa ikatan pernikahan menginap bersama di satu kamar hotel.

Peraturan tersebut diluncurkan setelah Arab Saudi merilis visa turis untuk menarik wisatawan mancanegara. Selain itu, wanita Arab Saudi juga diizinkan menyewa kamar hotel sendirian. Padahal, sebelumnya hal tersebut dilarang keras oleh pemerintah setempat.

Baca juga: Arab Saudi Longgarkan Aturan Pakai Abaya Bagi Turis Asing

Berbagai peraturan terbaru itu memudahkan wanita Arab Saudi yang tidak punya pendamping untuk bepergian. Sekaligus memberikan ruang gerak kepada turis asing untuk lebih bebas menjelajah di negara yang melarang seks di luar nikah.

“Semua warga negara Arab Saudi wajib menunjukkan kartu identitas keluarga atau bukti ikatan saat chech in di hotel. Namun, peraturan ini tidak berlaku bagi wisatawan asing. Sementara bagi wanita, termasuk warga Arab Saudi, diizinkan menginap di hotel sendirian dengan menunjukkan kartu identitas saat check in,” demikian keterangan resmi dari Komisi Pariwisata dan Warisan Nasional Arab Saudi, seperti dikutip dari Reuters, Minggu (6/10/2019).

Baca juga: Putra Mahkota Arab Saudi Mengaku Bertanggung Jawab atas Pembunuhan Jamal Khashoggi

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Arab Saudi telah mencabut peraturan yang mewajibkan setiap wanita memakai jubah hitam panjang. Kini, wanita asing di Arab Saudi bebas mengenakan pakaian apapun asal tetap mematuhi norma kesopanan.

Selama beberapa tahun belakangan, norma sosial yang sangat ketat di Arab Saudi mulai dilonggarkan. Sektor hiburan yang dulu dilarang, kini mulai dikembangkan. Semua ini merupakan bagian dari reformasi Arab yang digagas Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten