Festival San Fermin di Spanyol (Reuters)

Solopos.com, RIYADH Pemerintah Arab Saudi berencana menggelar festival lari dikejar banteng seperti yang biasa dilakukan di Pamplona, Spanyol. Rencana itu merupakan bagian dari pengembangan sektor hiburan yang digagas oleh Turki Al Sheikh.

Dikutip dari BBC, Kamis (24/1/2019), rencana Turki Al Sheikh dikenal dengan sebutan General Entertainment Authority (GEA). Selain festival banteng ala Festival San Fermin, GEA juga berencana menggelar berbagai acara hiburan lainnya.

Nantinya, GEA bakal menggelar pertunjukan drama musikal seperti Aladdin dan The Lion King, serta pertandingan bola basket layaknya NBA. Tak ketinggalan, GEA mengundang pesulap top dunia unjuk gigi, meski sihir dianggap sebagai pelanggaran hukum di Arab Saudi.

Mengutip Reuters, Kamis (24/1/2019), Arab Saudi mengincar investasi senilai miliaran dolar untuk membangun sektor hiburan.

Hal tu merupakan upaya Kerajaan Arab Saudi melepaskan citra ultra-konservatif yang selama ini melekat. Selain itu, pembangunan industri hiburan bakal menciptakan lapangan kerja baru dan meningkatkan kesejahteraan hidup warga Arab Saudi.

Reformasi Arab Saudi digagas oleh sang Putra Mahkota, Pangeran Mohammed bin Salman. Sejak 2017 lalu, dia mencanangkan pengembangan industri hiburan dan pariwisata untuk mengakhiri ketergantungan pada minyak.

Guna mewujudkan gagasan tersebut, pada 2018 lalu Arab Saudi menyiapkan berbagai sarana hiburan. Mulai dari pembentukan orkestra, opera, hingga pembukaan bioskop setelah dilarang selama 35 tahun terakhir. Arab Saudi juga bakal membuka museum lilin dan mengundang penyanyi rap ternama, Jay Z.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten