SOLOPOS.COM - Raja Salman (Foxnews)

Arab Saudi akan membangun desalinasi air laut.

Solopos.com, SOLO – Arab Saudi berencana membangun instalasi desalinasi Laut Merah dengan biaya fantastis. Menurut menteri lingkungan Saudi, demi memuluskan rencana tersebut Saudi telah menyiapkan dana 2 miliar Riyal [Rp7,1 triliun].

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Desalinasi merupakan proses menghilangkan kadar garam berlebih dalam air untuk mendapatkan air yang dapat dikonsumsi binatang, tanaman, dan manusia. Seringkali proses ini juga menghasilkan garam dapur sebagai hasil sampingan

Kesembilan instalasi yang akan dibangun Saudi memiliki kapasitas 240.000 meter kubik air per hari dan akan diselesaikan kurang dari 18 bulan, tulis Menteri Lingkungan Abdulrahman al-Fadhli dalam posting Twitter, seperti dikutip Antara, Minggu (21/1/2018).

Proyek yang disebut menteri merupakan perintah Raja Salman lewat sebuah dekrit kerajaan itu akan membantu BUMN Saudi Saline Water Conversion Corp (SWCC) meningkatkan efisiensi produksi dan memangkas ongkos operasional dan modal, tambah Fadhli tanpa menerangkan lebih jauh pendanaannya.

Arab Saudi pada 2016 sudah mengungkapkan rencana menggunakan kemitraan pemerintah-swasta (PPP) dengan perusahaan-perusahaan lokal dan asing untuk mendanai proyek-proyek infrastruktur.

Pada Agustus 2017, Saudi menyatakan akan membangun sejumlah resort di sekitar 50 pulau di Laut Merah yang akan diselesaikan pada triwulan keempat 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya