SOLOPOS.COM - Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan pertunjukan wayang di Desa Wisata Mangunan untuk mengapresiasi Desa Wisata Mangunan, Minggu (31/12/2017). (Harian Jogja/Salsabila Annisa Azmi)

“Objek wisata di Mangunan sudah dapat banyak penghargaan pada 2017”

Harianjogja.com, BANTUL-Dinas Pariwisata DIY menyelenggarakan pertunjukan wayang di Desa Wisata Mangunan untuk mengapresiasi Desa Wisata Mangunan. Gelaran wayang lakon semar mbangun kayangan tersebut dibawakan Ki Seno Nugroho pukul 21.00 WIB sampai 04.30 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pertunjukan wayang sudah dipadati warga Desa Mangunan sejak pukul 19.00 WIB. Mereka membanjiri sisi kanan dan kiri panggung untuk duduk beralaskan tikar. Lengkap dengan kacang rebus dan teh hangat di depan mereka.

Di antara kerumunan warga terlihat sekitar 10 orang mengenakan jaket hitam bertuliskan PWKS atau Paguyuban Penggemar Wayang Ki Seno Nugroho. Oman, salah satu warga Desa Mangunan yang mengenakan jaket tersebut berkata dirinya selalu mengikuti pertunjukan Ki Seno di mana pun dan kapan pun. Dia sangat senang Ki Seno tampil di Desa Mangunan.

Kepala Bidang Destinasi Wisata Dinas Pariwisata DIY Arya Nugrahadi mengatakan, selain untuk melestarikan budaya, pertunjukan wayang tersebut bertujuan untuk menghibur warga Mangunan. “Khususnya untuk kawan-kawan yang selalu semangat dan giat di sektor kepariwisataan. Alhamdulillah, objek wisata di Mangunan sudah dapat banyak penghargaan pada 2017,” ujar Arya, Minggu (31/12/2017).

Adapun penghargaan yang sudah diterima objek wisata Desa Mangunan antara lain Juara dua Surga Wisata Tersembunyi Paling Populer dan Juara tiga nasional untuk Kampung Wisata Tradisional. Arya, mengatakan di tahun 2018 Dinas Pariwisata DIY menargetkan agar Pasar Sebtu Minggu (Semi) di Desa Wisata Kaki Langit menjadi lebih baik. Agar dapat menjadi contoh bagi objek wisata lain yang baru saja merintis inovasi serupa. Arya yakin pada 2018, Desa Wisata Mangunan akan semakin maju.

Camat Dlingo Tri Tujiana mengaku sangat mengapresiasi upaya Dinas Pariwisata DIY, dia berharap di tahun 2018 Desa Wisata Mangunan akan semakin maju. “Harapannya homestay yang maju tidak hanya di Kaki Langit, tapi semua yang ada di wilayah Desa Wisata Mangunan, agar kesuksesannya lebih merata,” ujar Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya