APPBI: Pembatasan Impor Barang Mewah Bisa Bikin Stok Tak Up to Date

APPBI menilai pembatasan impor tidak seharusnya diberlakukan bagi seluruh jenis dan kategori produk.

 Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong sejumlah produk yang dipamerkan dalam opening Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Solo Paragon Mall, Kamis (11/8/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

SOLOPOS.COM - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memborong sejumlah produk yang dipamerkan dalam opening Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Solo Paragon Mall, Kamis (11/8/2022). (Solopos/Afifa Enggar Wulandari)

Solopos.com, SOLO–Sejumlah protes terus bermunculan akibat Pemerintah mulai membatasi impor barang mewah di Indonesia.

Sebelumnya, Direktur Impor Kementerian Perdagangan (Kemendag) Sihard Hadjopan Pohan mengatakan Kemendag memang melakukan beberapa pengendalian masuknya barang mewah ke Indonesia.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Pembatasan tersebut diklaim menjadi salah satu upaya melindungi industri dalam negeri, khususnya usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dalam negeri.

Seusai hadir pada opening ceremony Indonesia Shopping Festival (ISF) 2022 di Solo Paragon Mall, Ketua Umum DPP Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) Alphonzus Widjaja mengatakan pemerintah harus segera merevisi dan menimbang ulang aturan tersebut.

Baca Juga: Pengusaha Protes Impor Barang Mewah Dibatasi, Begini Respons Kemendag

APPBI menilai pembatasan impor tidak seharusnya diberlakukan bagi seluruh jenis dan kategori produk. Beberapa produk kelas menengah atas dinilai tidak semuanya mengganggu konsumsi produk dalam negeri.

“Kami sudah sampaikan kepada pemerintah memang perlu diatur untuk melindungi produk dalam negeri tetapi tidak serta merta seluruh kategori. Harusnya barang-barang tertentu itu yang di kelas menengah atas itu kan tidak ada di dalam negeri, seharusnya itu tidak mengganggu produk dalam negeri,” kata Alphonzus saat diwawancara Solopos.com, Kamis (11/8/2022) di Halaman Solo Paragon Mall.

Menurut dia, kebijakan pembatasan impor jelas berdampak bagi ritel dan toko brand luar negeri.

Ia mengamati sudah banyak toko yang kehabisan stok produk luar negeri.

Baca Juga: Bepergian ke Luar Negeri Tak Dibatasi, Bisnis Jastip Kian Marak

“Kalau kita lihat beberapa toko yang ada di pusat belanja itu barangnya sudah banyak berkurang. Sudah tidak punya stok lagi akibat memang kesulitan impor,” kata dia.

Lebih besar lagi, Alphonzus menilai pembatasan impor juga berpengaruh terhadap pendapatan negara dari bea yang dikenakan. Tak hanya itu, barang impor yang memasuki wilayah Indonesia juga dikenakan PPN dan PPh.

“Belanja di luar negeri ini kan yang dirugikan [selain] kita juga bangsa dan negara. Saya kira harus selektif karena berarti kan pajak-pajaknya tidak masuk untuk belanja luar negeri” paparnya.

APPBI menilai pemerintah harus segera merevisi kebijakan pembatasan impor. APPBI mengaku sudah menyampaikan masukannya terhadap Kementerian Perdagangan dan Kementerian Bidang Perekonomian.

Baca Juga: Pengelola Mal Keluhkan Jastip, Begini Alasannya

“Saya kira memang seharusnya pemerintah segera merevisi ketentuan ini. Kami sudah beberapa kali bicara sama Kementerian Perdagangan, Kementerian Perekonomian untuk bisa segera mengatasi masalah ini,” katanya.

Bila pembatasan impor berjalan tak selektif, atau diberlakukan bagi seluruh produk luar negeri, hal itu dinilai dapat mengancam kelangsungan toko produk-produk impor.

Toko produk utamanya produk fashion menjadi salah satu pelaku usaha yang paling terdampak.

Baca Juga: Bangun Mal-Mal Baru, Pengusaha Siap Gelontorkan Rp8,25 Triliun

Mereka harus selalu menyesuaikan stok yang ada dengan mode dan perkembangan style. Karenanya bila aturan ini terus dilanjut, bisa jadi produk yang beredar di pasaran tidak up to date, atau tidak sesuai dengan zaman dan segmennya.

“Kalau ini terjadi terus, tidak segera diubah, satu toko perlu harus stok barang itu kurang lebih tiga sampai empat bulan. Kalau terlalu banyak stoknya nanti ini barang sudah beda gayanya, musimnya, sudah beda,” kata dia.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Peringatan Hari Batik Nasional di Solo, Momentum Mewujudkan Misi Regenerasi

      Berbagai elemen masyarakat, pejabat, dan pelaku usaha batik di Solo beramai-ramai merayakan Hari Batik Nasional 2022 yang jatuh pada Sabtu (1/2/2022). Festival, tour museum batik, hingga pameran batik digelar. 

      Usung Kearifan Lokal dalam Interior, Kereta Cepat Bisa Melaju 350 Km/Jam

       Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan kesiapan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) menjelang pelaksanaan showcase Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20.

      Minggu Ada Tambahan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Bersejarah! Pertamina Group Pasok Bahan Baku Biodiesel ke Eropa

      Permintaan GDC di Uni Eropa terbagi dalam dua kategori yakni base CPO sekitar 150.000 metrik ton per tahun dan base UCO 300.000-500.000 metrik ton per tahun.

      Kolaborasi BRI dan Majoo Permudah Transaksi Nontunai, Termasuk Integrasi QRIS

      Kerja sama BRI dengan Majoo terbagi menjadi tiga hal, salah satunya integrasi QRIS Dynamic BRI yang dapat dimunculkan pada POS Majoo.

      Buy Limit dan Buy Stop: Mana yang Lebih Baik?

      Ketimbang terus memantau harga, investor dapat menetapkan buy limit atau buy stop pada trading yang berlangsung. Ketahui mana yang terbaik di bawah ini.

      Baru 22.867 Merchant yang Tergabung Solo Great Sale 2022

      Total 22.867 merchant SGS 2022 yang sudah tergabung, kategori pasar tradisional yang paling mendominasi.

      Pemerintah Perpanjang Subsidi Kedelai Rp1.000 per Kilogram hingga Desember 2022

      Program memperpanjang subsidi kedelai untuk menjaga stabilitas harga kedelai di tingkat pengrajin yang saat ini mengalami kenaikan hingga Rp13.000 per kilogram.

      Berikut Daftar Lengkap Harga BBM Jenis Pertamax Terbaru di Seluruh Indonesia

      Harga Pertamax di seluruh Indonesia berbeda-beda. Di wilayah Jawa, Bali, NTT, dan NTB, harga Pertamax turun Rp600 per liter. Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua, Papua Barat harga Pertamax turun Rp650 per liter.

      Sasar Konsumen yang Batasi Gula, Yakult Light Diluncurkan

      PT Yakult Indonesia Persada meluncurkan produk baru, Yakult Light yang merupakan varian dari Yakult Original dengan kandungan gula lebih sedikit.

      Hari Ini Sabtu 1 Oktober 2022, Harga Pertamax Turun Jadi Rp13.900 per Liter

      Harga Pertamax turun dari Rp14.500 per liter menjadi Rp13.900 per liter mulai Sabtu (1/10/2022)

      Ayo Jalan-Jalan! Cek Jadwal Lengkap KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Informasi jadwal keberangkatan Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja perlu diketahu bagi para pelaju dan warga yang ingin jalan-jalan. 

      Berwisata Pakai Kebaya, The Sunan Hotel Solo Dukung #Kebaya Goes to Unesco

      The Sunan Hotel Solo kembali melakukan gerakan kampanye dukung #Kebaya Goes To Unesco.

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).