Ilustrasi aplikasi Zao (Independent)

Solopos.com, SOLO – Aplikasi digital Zao kini sedang viral. Zao bisa mengubah wajah orang menjadi artis terkenal seperti Leonardo Dicaprio. Perubahan itu terjadi karena aplikasi digital Zao menggunakan teknologi deepfake.

Dikutip dari Wikipedia, Senin (9/9/2019), deepfake adalah teknologi yang menggunakan kecerdasan buatan atau artificial intelligence (AI). Teknologi deepfake diterapkan dengan mengganti wajah seseorang dengan wajah orang lain, seperti tokoh publik.

Dilansir dari Mirror, Kamis (6/9/2019), aplikasi digital Zao viral setelah dipakai pengguna Twitter bernama Allan Xia. Dia mengunggah video berdurasi 30 detik yang menunjukkan adegan film Titanic diperankan oleh Leonardo Dicaprio dan Kate Winslet. Dalam Video itu terlihat wajah Leonardo Dicaprio berubah menjadi wajahnya.

Sejak digunakan oleh Allan Xia, pengguna aplikasi digital Zao meningkat, khususnya di China. Namun, banyak pengguna ragu soal keamanan atau privasinya. Allan Xia turut mempertanyakan keamanan dari aplikasi digital Zao. Lantaran kebijakan milik aplikasi digital Zao memperbolehkan penggunaan foto secara bebas.

Pihak aplikasi digital Zao telah memberikan tanggapan atas hal ini. Mereka menjelaskan, foto yang telah diunggah tidak dapat digunakan secara bebas. Dikutip dari The Guardian, Jumat (6/9/2019), pihak pengembang menjelaskan konten yang diunggah akan segera dihapus dari server. Pihak aplikasi ini berjanji akan menghapus semua data pengguna, ketika pengguna menghapus akunnya. (Vanya Karunia/Solopos.com)


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten