SOLOPOS.COM - Ilustrasi ujian online. (Reuters)

Solopos.com, SOLO -- Aplikasi video telekonferensi ini disebut-sebut jauh lebih hemat kuota internet daripada lainnya.

Berdasarkan pengujian yang oleh 3 (Tri) Indonesia, dari Zoom, Skype, Google Hangouts, dan Webex, aplikasi telekonferensi Zoom lah yang lebih hemat kuota internet alias penggunan bandwidthnya lebih kecil.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Cara Diet Ala Anak Kost yang Bisa Turunkan Berat Badan Hingga 10 Kg

Dikabarkan Suara.com, Selasa (31/3/2020), tercatat Zoom membutuhkan bandwidth 700 kbbps per 30 menit, Sykpe 977 per 30 menit, Hangouts 1.100 per 30 menit dan Webex 1.700 per 30 menit.

Bandwidth yang kecil biasanya membutuhkan data yang kecil juga, sehingga aplikasi video telekonferensi Zoom yang bikin hemat kuota internet.

Duh, Sakit Punggung Bisa Jadi Tanda Ketempelan Jin

Namun, aplikasi dengan kebutuhan bandwidth yang besar biasanya menawarkan kualitas video yang jauh lebih baik.

Dan kebutuhan bandwidth setiap aplikasi video telekonferensi tersebut juga tergantung dengan penggunaan masing-masing individu.

Ini Tanda Anak Jenius, Nomor 4 Enggak Nyangka Kan?

kuliah perdana uns solo
Tangkapan layar kuliah perdana UNS Solo melalui aplikasi Zoom, Senin (31/8/2020). (Solopos/Wahyu Prakoso)

Biar Bisa Lebih Hemat Lagi

Agar lebih hemat kuota internet lebih banyak lagi, simak tips penggunaan aplikasi video telekonferensi Zoom di bawah ini, seperti yang telah dikabarkan Okezone.com

1. Mematikan Kamera

Dengan cara mematikan kamera gadget Anda, kuota internet tidak akan cepat tersedot dan habis. Anda bisa menggunakan cara ini ketika mengikuti rapat yang tidak begitu penting.

Tidak Makan Nasi, 5 Artis Ini Tampak Langsing & Cantik Menawan

2. Mematikan Audio

Jika Anda tidak berbicara saat melakukan video telekonferensi maupun webinar, sebaiknya matikan atau pencet mode mute audio Anda.

Adapun caranya, Anda bisa menekan tombol mute pada bagian sudut kiri bawah layar Zoom.

6 Pekerjaan Sampingan yang Berpenghasilan Hingga Rp 10 Juta, Apa Saja?

3. Hindari Penggunaaan Aplikasi Lainnya

Cara ketiga untuk hemat kuota internet adalah tidak menggunakan aplikasi yang lain saat aktif di Zoom. Salah satu aplikasi yang bisa menyedot kuota internet yang cukup besar adalah layanan streaming video maupun musik.

4. Berbagi Layar Ketika Aktif Saja

Jika Anda sedang tidak berbicara di forum tersebut, Anda bisa berhenti menampilkan layar. Caranya, lihatlah bagian "Layar Anda" di situs maupun aplikasi Zoom.

Untuk menghindari berbagi layar, Anda bisa memanfaatkan layanan seperrti Box Notes, Office Online Documents, dan Google Apps.

Makan Nasi Goreng Pakai Timun Bisa Berbahaya, Baca Ini!

5. Mematikan Video HD

Sebelum mengikuti webinar maupun telekonferensi sebaiknya cek terlebih dahulu apakah Anda mengaktifkan resolusi HD atau tidak. Jika iya, cepat matikan karena bisa membuat kuota internet Anda jebol.

6. Mematikan Kamera

Cara terakhir untuk hemat kuota internet saat memakai aplikasi video telekonferensi Zoom adalah mematikan kamera. Hidupkan kamera jika Anda sedang berbicara maupun ditanya oleh peserta di forum tersebut.

Ini Cara Tante Ernie Bikin Pantat & Paha Miliknya Tampak Indah

Gak Melulu Olahraga, Ternyata Kebiasaan Ini Juga Bisa Membakar Kalori

Berita Teknologi Terbaru

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya