SOLOPOS.COM - Aplikasi Siap Halal (Okezone)

Aplikasi terbaru Siap Halal diluncurkan untuk memudahkan UMKM mendapatkan serfikasi halal.

Solopos.com, JAKARTA — Perkembangan uang elektronik atau e-money semakin marak belakangan ini. Indonesia yang memiliki kaum muslim terbesar, menjadi target pasar besar perusahaan untuk menghasilkan produk bersyariah dan halal.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Melihat hal tersebut, PT Witami Tunai Mandiri menelurkan aplikasi terbaru TrueMoney Wutami Syariah. Sebagai e-money pertama yang mendapat sertifikat syariah, TrueMoney Wutami menggandeng Lembaga Pengkajian Pangan, Obat-Obatan dan Kosmetika Majelis Ulama Indonesia (LPPOM MUI).

Direktur LPPOM MUI, Lukmanul Hakim, mengatakan, kerja sama dengan TrueMoney Wutami Syariah akan memudahkan UMKM mendapat sertifikasi halal.

“Ini untuk memudahkan UMKM di daerah mendapatkan sertifikasi halal,” kata Lukmanul Hakim seusai pemberian sertifikasi syariah kepada TrueMoney Witami, seperti dilansir Okezone, Senin (28/3/2016).

“LPPOM UI sekarang telah memiliki aplikasi terbaru Siap Halal sehingga hampir semua UMKM di daerah dapat mengajukan sertifikasi halal via aplikasi mobile tersebut. Dengan mengintegrasikan metode pembayaran menggunakan TrueMoney Witami Syariah atau secara tunai,” tuturnya.

Sementara itu, Chief Excecutive Officer TrueMoney Witami, Joedi Wisuda, mengatakan seperti e-money lainnya TrueMoney Witami Syariah juga dapat melayani transaksi elektronik lainnya seperti pembelian pulsa, pembayaran tur dan travel, transfer dana, dan tarik tunai.

“Saat ini pengguna yang kita punya lebih dari 5.000 pengguna, namun kita menargetkan 3 juta pengguna aplikasi terbaru Siap Halal sampai akhir tahun ini. Salah satu strateginya dengan masuk ke sekolah-sekolah,” tambahnya.

Seperti dilansir Detik, Senin, berbekal sertifikat syariah, TrueMoney Witami berencana untuk mengembangkan fasilitas pembayaran di lingkungan komunitas muslim di Indonesia, seperti pondok pesantren, sekolah Islam, masjid, dan Koperasi Syariah atau Baitul Maal Wat Tamwil (BMT), serta produk-produk halal dengan kerja sama bersama LLPOM MUI.

Menurut Lukman, dengan integrasi sistem berbasis syariah, maka diharapkan proses registrasi produk halal hingga proses penjualan secara online dapat dilakukan secara One Stop Service.

Hal tersebut dimungkinkan dengan adanya pola keanggotaan, dengan setiap anggota akan mendapatkan bukti keanggotaan TrueMoney Witami Syariah. Setiap anggota TrueMoney juga akan mendapatkan harga khusus saat melakuan pembelian produk halal melalui aplikasi terbaru Siap Halal.

Saat ini produk UKM yang sudah disertifikasi halal sebanyak 150.000 produk dan korporasi sebesar 200.000 produk. Biaya sertifikasi untuk produk UKM mulai Rp0 hingga Rp2 juta, sedangkan untuk korporasi dibanderol mulai Rp0 hingga Rp5 juta.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya