SOLOPOS.COM - Kerja Sama XL-Damri (Okezone)

Aplikasi terbaru berbasis IoT dirilis XL Axiata yang bekerja sama dengan Damri.

Solopos.com, JAKARTA — Operator seluler lokal, XL Axiata, mengembangkan layanan inovatif berbasis Internet of Things (IoT) sebagai solusi bagi kalangan bisnis berbagai sektor. Aplikasi terbaru XL diluncurkan bekerja sama dengan Damri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Dikutip dari Okezone, Sabtu (17/10/2015), bertepatan dengan acara pelaksanaan HUT ke-19, XL menandatangani kerj asama dengan Perusahaan Umum Damri dalam menyediakan aplikasi terbaru berbasis passenger information system yang akan digunakan bagi layanan transportasi publik.

Penandatanganan nota kerja sama dilakukan oleh Direktur Utama XL, Dian Siswarini, dan Direktur Utama Perum Damri, Agus S. Subrata di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

“Di XL, kami berusaha untuk selalu jeli melihat persoalan yang dihadapi oleh teman-teman di berbagai sektor dan memikirkan apa yang bisa dilakukan untuk mencarikan solusinya secara digital. Kami berharap, sistem baru yang kami kembangkan bersama Damri ini akan bisa maksimal dan membantu peningkatan kinerja Damri sebagai perusahaan transportasi legendaris di Indonesia,” ucap Dian Siswarini.

Dian menambahkan transportasi selalu menjadi kebutuhan yang mendasar bagi masyarakat Indonesia. Berbagai jenis transportasi yang hadir semakin beragam. Begitu juga tuntutan kualitas layanan dari pengguna yang pasti semakin tinggi. XL melihat hal ini sebagai potensi untuk mengembangkan solusi berbasis IoT yang bisa dimanfaatkan oleh para penyelenggara jasa angkutan publik, seperti Damri.

Aplikasi terbaru sistem pemantauan yang dirancang oleh XL bermanfaat baik bagi penumpang, pengemudi bus, dan pengelola manajemen perusahaan Damri.

Bagi penumpang, keberadaan sistem yang berbentuk aplikasi tersebut akan memungkinkan mereka mengetahui waktu kedatangan bus sehingga dapat menghemat waktu tanpa perlu mengantre di terminal, mempermudah transaksi pembelian tiket, bahkan bisa memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan.

Bagi pengelola Damri, aplikasi terbaru terseut akan mempermudah memantau lokasi keberadaan armada bus, kondisi bus, dan score card awak bus yang beroperasi. Dengan demikian, perusahaan tersebut bisa mengoptimalkan kegiatan operasional, meningkatkan pelayanan, dan sekaligus menurunkan biaya operasional. Pada akhirnya, Perum Damri akan bisa memaksimalkan pelayanan yang prima kepada pelanggannya.

Sebagai perusahaan angkutan pertama di Indonesia, Perum Damri memiliki jaringan yang cukup luas dan tersebar di seluruh nusantara. Saat ini, jumlah armada Damri tidak kurang dari 2.500 unit bus.

Pada tahap awal, aplikasi terbaru Passenger Information System akan dipasang di 260 armada bus jalur Bandara Soekarno Hatta yang menuju ke beberapa wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat.

Aplikasi terbaru berbasis sistem informasi yang dibangun XL berbasis IoT telah memberikan solusi untuk berbagai sektor. Beberapa di antaranya adalah listrik pintar Simply bekerja sama dengan PLN, Pay Point yang bisa digunakan untuk transaksi pembelian dan penjualan.

Bagi segmen Transportasi dan Retail Merchant, XL IoT telah meluncurkan YuBox, sedangkan untuk sektor perbankan dengan solusi  MCA 3G Access dan Aplikasi Sales Management bagi perusahaan di sektor consumer good.

Dikutip dari Liputan6.com, Sabtu, salah satu manfaat aplikasi terbaru Passenger Information System adalah penumpang dapat mengetahui kedatangan bus dan memonitor anggota keluarga yang sedang dalam perjalanan. Pengelola juga dapat memantau kerusakan bus.

Saat ini, aplikasi terbaru itu hanya berupa solusi trip management. Namun, XL akan memperluasnya ke layanan tiket online dan pembayaran online.

Piha XL menutup kemungkinan akan mengembangkan aplikasi terbaru lain dengan sistem serupa agar pemantauan menjadi lebih mudah. Diperkirakan aplikasi tersebut akan siap pada awal tahun depan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya