SOLOPOS.COM - Peluncuran Tcash (Telkomsel)

Aplikasi terbaru Tcash akan dimanfaatkan Menkominfo Rudiantara untuk mendukung program registrasi prabayar.

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara akan memanfaatkan aplikasi terbaru T-cash dari Telkomsel sebagai salah cara untuk menyukseskan program registrasi prabayar yang akan kembali digeber mulai 15 Desember 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Rudiantara, Telkomsel memiliki 149 juta pelanggan. Apabila semua pelanggan Telkomsel memakai aplikasi terbaru Tcash, akan baik untuk registrasi prabayar.

“Telkomsel memiliki 149 juta pelanggan seluler. Kalau mereka semua nanti pakai aplikasi terbaru T-cash akan bagus juga buat program registrasi prabayar,” ujar Rudiantara, seperti dilansir Detik, di Gandaria City, Jakarta, Kamis (15/10/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Telkomsel baru saja meluncurkan aplikasi terbaru Tcash menggunakan teknologi Near Field Communication (NFC). Dengan teknologi tersebut, transaksi mobile money baik untuk tarik tunai dan belanja akan semakin mudah.

Teknologi terbaru mobile money tersebut juga akan diuji coba kepada 2.000 warga miskin di tiga kota oleh Telkomsel bersama Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Nantinya, warga miskin yang akan mendapatkan subsidi bantuan tunai harus mendata dirinya terlebih dulu menggunakan kartu identitas asli sebelum bisa mencairkan uang yang disalurkan melalui aplikasi terbaru Tcash.

“Jangan khawatir, 15,5 juta warga miskin yang kami data dan telah menerima bantuan tunai, sekitar 70%-80% sudah menggunakan ponsel. Itu sebabnya kami pilih aplikasi terbaru Tcash untuk uji coba penyaluran bantuannya agar lebih tepat sasaran,” kata Sekretaris Eksekutif TNP2K, Bambang Widianto.

Langkah tersebut dinilainya sebagai terobosan agar penyaluran bantuan sosial dan subsidi lebih efektif dan efisien, sehingga dapat menjangkau masyarakat penerima manfaat dalam jumlah yang tepat, waktu yang singkat dan biaya distribusi yang minimal.

“Melalui layanan keuangan digital, kami harapkan penerima manfaat dapat menerima dana bantuan dan subsidi tanpa perlu antri dan mengeluarkan biaya transportasi yang besar,” pungkas Bambang.

Sebagaimana dikutip dari Liputan6.com, Kamis, cara menggunakan aplikasi terbaru Tcash sangat mudah, yakni cukup tempelkan stiker NFC ke belakang ponsel dan aktifkan layanan. Setelah itu, pengguna tinggal tap di mesin-mesin NFC merchant.

Beberapa merchant yang telah menggunakan Tcash antara lain, Coffee Bean, 7-Eleven, Indomaret, McDonald, Wendy’s, Bakmi GM, Baskin Robbins, dan Cinema XXI. Untuk saat ini, Tcash Tap dengan teknologi NFC telah tersedia di lebih dari 1.000 outlet merchant di Jabodetabek.

Tcash sebetulnya sudah hadir sejak 2007. Tidak disebutkan berapa jumlah pengguna apliksi terbaru Tcash saat ini. Menurut perusahaan sudah 20 juta pengguna yang mendaftar Tcash. Namun, tak seluruhnya aktif melakukan transaksi. Saat ini Telkomsel memiliki 149 juta pengguna, dengan 400.000 jaringan distribusi Tcash.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya