SOLOPOS.COM - Aplikasi Masjidu. (Istimewa)

Aplikasi terbaru bernama Masjidku memungkinkan masjid untuk membuat situs gratis.

Solopos.com, JAKARTA – Aplikasi baru diluncurkan bernama Masjidku. Aplikasi ini melayani pembuatan situs atau website gratis untuk setiap masjid yang bergabung dalam layanannya.

Promosi Strategi Telkom Jaga Jaringan Demi Layanan Telekomunikasi Prima

Dalam empat bulan sejak peluncurannya, aplikasi Masjidku menggaet 5 ribu orang pengguna dan 50 masjid. Mereka kini bergabung dan memanfaatkan berbagai layanan komunikasi Masjidku sebagai sarana dalam menjembatani masjid dan umatnya.

Masjidku pun menjadi salah satu media komunikasi masjid dalam penyampaian dakwah, pengelolaan kegiatan keagamaan, serta pelaporan infaq dan shodaqoh.
“Di era digital sekarang ini, ketersediaan platform Masjidku sangat memudahkan kami dalam menjangkau umat,” ungkap Tony Nugroho, Koordinator Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro, dikutip Solopos.com dari Detik, Senin (26/10/2015).

“Berbagai fitur web dan aplikasi Masjidku membantu memastikan bahwa para jamaah mendapatkan informasi terkini dan akurat mengenai berbagai kegiatan yang diselenggarakan di masjid,” tambahnya.

Adapun masjid yang sudah memanfaatkan dukungan website dengan platform Masjidku adalah Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro dan Masjid Baitul Makmur Boyolali.

Setiap website dilengkapi dengan content management system masing-masing sehingga pengurus masjid yang menjadi administrator web dapat mengelola konten situsnya dengan mudah dan efektif.

Fitur Website

Beberapa fitur website yang diberikan antara lain jadwal kegiatan, artikel kajian, galeri untuk dokumentasi foto dan video, serta donasi infaq dan shodaqoh.

Selain fitur-fitur utama diatas, website yang dibangun juga akan secara otomatis terintegrasi dengan aplikasi mobile Masjidku sehingga memudahkan administrator masjid dalam mengelola dan mengontrol penyampaian informasi secara efektif, sistematis, dan transparan.

Sebagai platform komunikasi yang terintegrasi, Masjidku memudahkan umat untuk memperoleh informasi kajian dan kegiatan terkini serta dapat mendaftar langsung untuk mengikuti kegiatan tersebut di masjid. Hal ini diharapkan mampu memudahkan pengurus masjid untuk mengatur logistik yang dibutuhkan.

Selain itu, Masjidku memungkinkan pengurus masjid untuk berdakwah melalui smartphone dengan bantuan teknologi push notification, sehingga dakwah kepada umat bisa dilakukan secara lebih meluas dan efisien. Hal ini penting mengingat masih tingginya biaya yang dibutuhkan untuk penyiaran informasi rutin tersebut melalui media-media konvensional.

“Masjidku bertujuan meringankan biaya operasional yang dikeluarkan oleh masjid untuk komunikasi dan penyiaran informasi,” ungkap Chief Technology Officer Masjidku, Adib Toriq melalui keterangannya, Minggu (25/10/2015).

“Ke depannya, kami berharap Masjidku dapat meningkatkan partisipasi dan rasa kepemilikan umat Islam terhadap masjidnya,” tambahnya.

Beberapa masjid yang telah bergabung dengan Masjidku, antara lain Masjid Daarut Tauhid Bandung, Masjid Jenderal Sudirman Jakarta, Masjid Baitul Makmur Boyolali, Masjid Darul Ihsan Bekasi, Masjid Raya Bintaro Jaya Sektor 9, Masjid Ash-Shaff Emerald Bintaro, Masjid Baitul Ihsan Bank Indonesia Jakarta, Masjid Darussalam Kota Wisata Cibubur, Masjid Agung Al-Azhar Jakarta, Masjid Raya Pondok Indah Jakarta, Masjid Cahyaningati Malang, Masjid Al Muttaqien Malang, Masjid Pesantren Tebuireng Jombang, dan masih banyak lagi.

“Masjidku merupakan platform yang bisa menjadi terobosan dengan memanfaatkan teknologi untuk menembus ruang dan waktu dengan teknologi memberikan informasi terkini,” ungkap Ir. H. Rachman Notowibowo, DKM Masjid Raya Bintaro Jaya.

“Dengan adanya aplikasi Masjidku sebagai jejaring sosial Islami, kami dapat lebih mudah menjangkau kalangan muda yang akrab dengan teknologi,” ujarnya lagi.

Seluruh fitur dan layanan Masjidku tidak berbayar, dan dapat dimanfaatkan secara gratis oleh masjid dan umat Islam di seluruh Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya