Kategori: Nasional

APLIKASI SMARTPHONE: Waze: Semarang Jadi Kota dengan Lalu Lintas Terbaik di Indonesia


Solopos.com/

Aplikasi smartphone Waze menempatkan Semarang di urutan teratas.

Solopos.com, SOLO – Penyedia aplikasi peta digital di smartphone, Waze menempatkan Semarang sebagai kota dengan pelayanan lalu lintas terbaik di Indonesia berdasarkan survei bertajuk Waze Driver Satisfication 2016.

Dikutip Solopos.com dari laman Waze.com, Senin (19/9/2016), Semarang menempati urutan 145 dari total 186 kota secara global. Kota Lumpia itu mendapat nilai index rating 4,58 atau yang tertinggi di antara sembilan kota di Indonesia yang masuk ke dalam daftar.

Nilai tersebut dihitung berdasarkan enam faktor, yakni aspek lalu lintas (traffic rating), keamanan jalan (road safety rating), layanan untuk pengemudi (driver service rating), kualitas (quality rating), sosial ekonomi (socio economic rating), dan Wazey rating.

Menyusul tepat di belakang Semarang adalah Malang yang menempati urutan 146 secara global dengan index rating 4,56. Sedangkan urutan ketiga secara nasional ditempati Jogja dengan ranking global 150 dan index rating 4,42.

Jakarta yang dikenal dengan kemacetannya berhasil menempati urutan kelima. Sementara Bogor justru dianggap para pengguna Waze sebagai kota dengan lalu lintas terburuk di Indonesia dan menjadi terburuk nomor dua di dunia setelah Cebu, Filipina. Sedangkan kota terbaik secara global adalah Netherland, Belanda.

Berikut ini ranking pelayanan lalu lintas terbaik sembilan kota di Indonesia berdasarkan survei Waze Driver Satisfication 2016:

  1. 1. Semarang, ranking global 145
  2. 2. Malang, ranking global 146
  3. 3. Jogja, ranking global 150
  4. 4. Medan, ranking global 168
  5. 5. Jakarta, ranking global 178
  6. 6. Surayaba. ranking global 181
  7. 7. Bandung, ranking global 182
  8. 8. Denpasar, ranking global 183

(Muhammad Rizal Fikry/JIBI/Solopos.com)

Share
Dipublikasikan oleh
Jafar Sodiq Assegaf