SOLOPOS.COM - Spotify (Detik)

Aplikasi smartphone Spotify resmi hadir di Indonesia membaa 30 juta lagu.

Solopos.com, JAKARTA — Layanan streaming musik Spotify resmi mendarat di Indonesia. Terhitung mulai Rabu (30/3/2016), sebanyak 30 juta koleksi lagu yang dimilikinya dapat dinikmati oleh pnecinta musik di Tanah Air.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Indonesia menjadi negara keempat di kawasan Asia Tenggara yang dijajaki oleh layanan musik asal Swedia itu. Sebelumnya mereka lebih dulu hadir di Singapura, Malaysia dan Filipina.

“Kami melihat Indonesia memiliki potensi yang besar. Karena itu kami hadir di sini,” ujar Managing Director Spotify Asia, Sunita Kaur, seperti dilansir Detik, Rabu.

Ekspedisi Mudik 2024

Untuk menikmati aplikasi smartphone Spotify, pengguna diminta untuk membuat akun terlebih dulu. Selesai melakukan registrasi, pengguna akan diberikan akses penuh selama 30 hari.

Setelah masa uji coba berakhir, pengguna tetap dapat menikmatinya secara gratis. Tapi bila tidak ingin terganggu dengan kehadiran iklan dan mendapat fitur secara lengkap, maka dapat meng-upgrade ke layanan premium.

Di Amerika Serikat, layanan premium dipatok seharga US$9,99 atau Rp133.250 perbulan. Namun perusahaan yang dikomandoi oleh Daniel Ek itu menerapkan tarif yang berbeda di Indonesia. Pengguna cukup membayar Rp 49.990 tiap bulan. “Kami menerapkan tarif kompetitif agar dapat melawan pembajakan,” tegas Kaur.

Untuk kemudahan pembayaran, aplikasi smartphone Spotify menghadirkan banyak pilihan. Selain melalui kartu kredit, pengguna dapat melakukan pembayaran dengan transfer bank atau voucher yang dijual di convenience store.

Kabar kehadiran aplikasi smartphone Spotify ke Indonesia sudah diperkirakan sejak tahun lalu. Ketika itu, pada Oktober 2015 Spotifty diketahui baru saja membuka lowongan pekerjaan untuk Music Editor di Indonesia. Namun, posisi tersebut tetap ditujukan untuk mengisi kantor cabang Spotify di Singapura.

Berdasarkan informasi tersebut, Music Editor akan bertugas untuk melokalisir layanan streaming musik untuk pengguna Indonesia. Tak hanya itu, posisi tersebut juga akan membuat kurasi playlist, membuat konten, termasuk menulis artikel tentang musik.

Jumlah penduduk yang sangat besar disinyalir menjadi alasan kuat Spotify meluncurkan layanannya di Indonesia. Data terbaru juga menyebutkan tahun lalu lebih dari 50% pengguna Spotify mengakses layanan dari perangkat mobile.

Hal itu jelas sejalan dengan pengguna perangkat mobile di Indonesia yang terus bertambah setiap tahunnya. Kendati demikian, Spotify masih harus bersaing dengan layanan musik serupa yang sudah terlebih dulu hadir di Tanah Air seperti Deezer, Joox, Guvera, termasuk Apple Music.

Tertarik mencoba? Silakan menguduh aplikasi smartphone Spotify di Google Play Store, App Store atau mengaksesnya lewat desktop dan laptop.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya