SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Softpedia)

Aplikasi smartphone BBM di Android kadang-kadang lambat. Bagaimana cara mengatasinya?

Solopos.com, SOLO — Anda pengguna aplikasi BBM for Android? Bila iya, Anda pasti menyadari aplikasi BBM for Android cukup banyak memakan RAM. Hal itu membuat kinerja smartphone Android menjadi lemot alias lamban. Lalu, bagaimana cara mengatasinya, apakah perlu mencopot aplikasinya?

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untungnya, hal tersebut tak perlu dilakukan. Ada cara lebih mudah yang bisa dilakukan supaya BBM for Android kamu bisa berjalan lebih lancar. Berikut ini empat cara mengatasi BBM lemot sebagaimana dihimpun dari Liputan6.com, Sabtu (23/7/2016):

1. Bersihkan Data dan Cache di Aplikasi BBM for Android

Cara ini sebenarnya tak hanya berfungsi untuk aplikasi smartphone BBM for Android, tetapi juga berbagai aplikasi lainnya. Apalagi bila smartphone Android yang Anda gunakan memiliki kapasitas RAM terbatas.

Bagaimana caranya? Untuk menghapus data dan cache di aplikasi, cukup mudah. Anda hanya perlu masuk ke Setting, pilih Applications, kemudian pilih Application Manager, dan pilih BBM. Selanjutnya, kamu akan masuk ke info aplikasi BBM. Pada bagian storage, pilihlah clear data atau clear cache untuk menghapus data-data yang tak terpakai.

Kalau Anda memilih clear data, konsekuensinya adalah Anda otomatis sign out dari aplikasi BBM. Untuk bisa kembali menggunakannya, Anda hanya perlu sign in akun BlackBerry ID (BBID). Oleh karena itu, Anda harus mengingat dengan baik apa alamat email yang digunakan saat pertama kali sign in.

Selain otomatis sign out, begitu berhasil masuk ke BBID, Anda juga kehilangan chat history dan recent update. Itu tak masalah, sebab kontak Blackberry Messenger Anda bakal tetap ada. Untuk membuktikannya, Anda bisa membandingkan ruang data atau cache pada saat sebelum melakukan clear data dan setelah melakukan clear data.

Misalnya saat Anda belum memilih clear data, tercatat total data sebesar 92,41 MB. Setelah dilakukan pembersihan, menjadi 66,32 MB. Pada cache, sebelum dilakukan pembersihan 3,59 MB, sedangkan setelah clear cache menjadi 512 KB.

2. Gunakan Tema Asli Bawaan BBM

Pengguna BBM terkadang senang melakukan kustomisasi supaya tampilan profilnya lebih menarik, misalnya dengan mengubah tema BBM. Padahal hal itu membuat smartphone menjadi lemot. Oleh karenanya, Anda harus mengembalikan tema asli BBM.

Bila mengganti akun tema dengan file APK, Anda hanya perlu mencopot aplikasi BBM. Selanjutnya unduh ulang aplikasi BBM for Android dari Google Play Store, lalu sign in kembali BBID. Tetapi, perlu dicatat Anda harus mengingat alamat email dan password yang dipakai untuk BBID.

3. Hapus Grup atau Kontak Tidak Penting

BBM kamu lemot? Mungkin salah satunya karena di BBM Anda kebanyakan kontak atau grup. Kebanyakan aplikasi pesan instan memang jadi lebih lambat lantaran kebanyakan grup.

Misalnya saja, grup Blackberry sering digunakan untuk berjualan dan membagi-bagikan gambar. Bila Anda memang tak ingin berada di grup tersebut, lebih baik leave group. Smartphone Anda akan bisa berfungsi lebih cepat.

4. Ubah Pengaturan BBM for Android Seperlunya

Blackberry Mesenger memungkinkan pengguna saling memberi informasi sedang mendengarkan lagu apa di status BBM. Rupanya hal itu juga turut berkontribusi membuat aplikasi BBM for Android menjadi lebih lemot.

Untuk itu, ubahlah pengaturan BBM for Android menjadi seperlunya saja. Misalnya, Anda tak perlu menunjukkan negara serta waktu, lagu yang didengarkan, mengetahui lagu apa yang didengarkan pengguna lain, dan lain-lain.

Caranya, masuk ke aplikasi smartphone BBM for Android, kemudian pilih tanda tiga strip yang ada di sisi kiri BBM dan pilih Setting. Lalu Anda bisa menyetel apa saja pengaturan yang diinginkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya