SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO – Sebuah aplikasi pendeksi penyakit ginjal pada ponsel, Streams, telah dikembangkan di Inggris. Aplikasi tersebut dimanfaatkan oleh dunia kedokteran sebagai penyelamat kepada pasien yang berpotensi memiliki penyakit ginjal.

Streams dikembangkan oleh dokter dan perawat Rumah Sakit Royal Free, London, serta perusahaan teknologi di Inggris, DeepMind yang mempunyai cara kerja menganalisis penyakit yang diderita oleh pasien yang telah melakukan pengambilan darah.

Promosi Pemimpin Negarawan yang Bikin Rakyat Tertawan

“Streams digunakan untuk memberitahukan kondisi ginjal kepada semua pasien yang telah melakukan pengambilan darah di rumah sakit kami,” jelas Stephen Powis, Medical Director di Rumah Sakit Royal Free London pada akun Youtube Royal Free London NHS Foundation Trust.

Hal yang mendukung dikembangkannya aplikasi ini karena beberapa lansia di Inggris terkena penyakit ginjal akut dan menyumbang angka kematian mencapai 100.000 orang per tahunnya . Ginjal akut merupakan penyakit yang sangat serius, jika tidak ada penanganan cepat akan berakibat fatal.

Menurut staf di Rumah Sakit Royal Free teknologi yang digunakan dalam aplikasi tersebut adalah potential lifesaver, karena dapat mendiagnosis seseorang terkena penyakit ginjal dalam hitungan menit, yakni 14 menit.

Mary Emerson, Kepala Spesialis Perawat di Royal Free mengatakan aplikasi ini telah membuat perubahan besar untuk pasien.

“Semua pasien dapat menerima peringatan tentang penyakitnya tak harus ke rumah sakit, itu bisa dilakukan di mana saja,” kata Emerson sebagaiman dikutip dari BBC Health, Kamis (8/1/2019).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya