SOLOPOS.COM - Indonesia Nomor 1 Pengguna Line (Liputan6.com)

Aplikasi smartphone Line ingin mengalahkan Whatsapp di Indonesia.

Solopos.com, TOKYO — Memiliki jumlah pengguna yang banyak di Indonesia tak menjadikan Line jemawa. Justru Line merasa harus terus berinovasi agar aplikasi smartphone-nya bisa lebih unggul daripada Whatsapp yang juga tidak kalah populer di kalangan pengguna Tanah Air.

Promosi Championship Series, Format Aneh di Liga 1 2023/2024

Untuk itu pihak Line harus memiliki strategi-strategi khusus dalam menjalankan roda bisnisnya. Line Corporation Representative Director and CEO, Takeshi Idezawa, mengungkapkan salah satunya dengan menghadirkan stiker. Terutama dengan berbagai ekspresi lucu para karakter tokohnya.

“Kita lihat Whatsapp sangat sederhana fiturnya dan sangat digemari, tapi kami lebih melakukan pendekatan dengan lebih gembira melalui stiker. Kita buat stikernya juga dengan cara yang sangat cocok dengan nilai-nilai Indonesia,” ujar Takeshi, seperti dikutip dari Detik, Senin (28/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Selain itu poin lainnya yang tidak kalah penting adalah menggabungkan unsur-unsur lokal ke dalam aplikasi. Takeshi mencontohkan salah satu fitur yang disesuaikan dengan unsur lokal Indonesia adalah Find Alumni.

“Kita kedepankan nilai-nilai lokal. Misal di Indonesia, pengguna senang mencari teman-teman alumni sekolahnya. Fungsi ini tidak ada di Jepang dan tidak diterapkan di semua negara,” lanjutnya.

Untuk mendukung optimalisasi fitur ini, pihaknya menggandeng sejumlah artis masa kini. Nah, Takeshi yakin hal ini bisa menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi pengguna Line yang tidak ditemukan di aplikasi instant messaging lainnya.

Pihak Line juga mengaku selalu mengamati perkembangan para pesaingnya. Menurut Takeshi ini menjadi cara wajar dalam membaca peta persaingan, termasuk menyusun strategi-strategi baru.

“Kami selalu mengamati perusahaan rival kami, seperti Whatsapp dan Facebook, semua aplikasi chat yang bisa dilakukan di smartphone. Oleh karena itu kami mengamati apa yang dilakukan Facebook, Wechat dan lain sebagainya,” terang Takeshi, Liputan6.com, Senin.

Di usianya yang ke-5, Line Corporation mengumumkan misi barunya, yakni Closing the distance. Aplikasi smartphone Line juga akan bertransformasi menjadi Smart Portal untuk menghubungkan orang dengan orang, dengan informasi, dan dengan layanan.

“Kami akan jadikan Line satu media yang dibutuhkan semua pengguna. Kami ingin menjadi media yang praktis dan bisa dimanfaatkan bagi banyak orang, seperti Smart Portal,” ujar Takeshi Idezawa.

Ke depannya, sambung dia, aplikasi smartphone Line juga akan dijadikan sebagai konten, bisnis dan alat pembayaran. Selain ingin menjadi jembatan bagi pengguna satu sama lainnya, Line bakal menjadi jendela informasi selama 24 jam dengan diluncurkannya layanan For You.

Layanan For You, lanjutnya, bisa direkomendasikan berdasarkan minat pengguna, dengan begitu para pengguna bisa menemukan artikel dari media yang diminatinya. Line News kami menuju posisi nomor satu layanan berita smartphone.

“Kami akan menuju Smart Portal, upaya menjadikan lebih terbuka. Kami akan berusaha mendekatkan jarak antar orang dan orang juga dengan konten atau informasi. Kami akan terus berkembang sampai ke mana pun juga. Menjadi nomor satu Smart Portal,” pungkas Takeshi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya