SOLOPOS.COM - Deretan aplikasi khusus untuk mudik. (Istimewa)

Aplikasi smartphone terkini bisa dipakai untuk memecahkan masalah yang terjadi ketika mudik.

Solopos.com, SOLO – Pulang kampung alias mudik menjadi tradisi penting menjelang momen Idul Fitri. Mulai pekan ini beribu-ribu orang dari kota besar balik ke kampung halaman untuk berjumpa dengan keluarga tercinta.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bagi pengguna kendaraan pribadi, sejumlah persiapan diperlukan agar perjalanan mudik berjalan tanpa kendala. Terlebih semakin mendekati lebaran, jalanan kian ramai hingga kemacetan pun kerap terjadi.

Namun, kecanggihan teknologi bisa dijadikan sarana untuk menghindari penumpukan kendaraan dengan melintas di jalan yang sepi. Caranya, dengan memanfaatkan berbagai aplikasi telepon pintar.

Solopos.com merangkum delapan aplikasi yang bisa dijadikan pendamping saat menempuh perjalanan mudik. Aplikasi ini terbagi menjadi empat jenis, yakni map alias peta navigasi online berbasis global positioning system (GPS), pemantau jalur mudik, aplikasi pencari bengkel, serta peta posisi SPBU dan toilet terdekat.

Apa saja? Simak ulasan berikut;

Google Maps

Hampir semua ponsel Android telah dilengkapi dengan aplikasi navigasi bikinan perusahaan teknologi terbesar dunia, Google. Bahkan, ponsel berbasis Ios dan Blackberry pun kerap mengunduh aplikasi ini sebagai petunjuk menuju lokasi tertentu. Google selalu memperbarui pemetaannya, sehingga cukup akurat dibanding aplikasi map sejenis.

Google Maps akan menginformasikan kondisi lalu lintas terkini secara langsung. Biasanya, di jalanan yang macet atau terdapat hentian traffic light, Google menandai jalan tersebut dengan warna merah. Sehingga Anda bisa mencari jalur alternatif lain agar enggak terjebak macet. Awal tahun ini Google Maps memperbarui layanan dengan menyediakan maps versi offline alias tanpa paket data internet.

Google Maps

Google Maps

Namun pengguna harus mengunduh peta offline tersebut terlebih dahulu sebelum menggunakannya. Google Maps menyediakan dua tampilan yakni medan dan satelit, dengan nuansa siang dan malam. Ada pula fitur info transit terkini bagi pengguna kendaraan umum, serta peta indoor untuk mall, bandara, dan museum.

Waze

Google Map, Waze menjadi aplikasi yang cukup banyak diunduh para pengguna smartphone, bukan hanya di Indonesia tetapi juga di seluruh dunia.

Waze merupakan komunitas berbasis lalu lintas dan aplikasi navigasi terbesar di dunia. Seperti ditulis dalam situsnya, Waze.com, aplikasi ini tidak hanya dipakai untuk navigasi saja. Aplikasi ini sudah diunduh sebanyak 100 juta kali oleh seluruh pengguna smartphone di dunia.

Tampilan Baru Waze. (Istimewa)

Tampilan Baru Waze. (Istimewa)

Aplikasi Waze juga akan memberikan informasi kepada pengendara sebelum kendaraan mendekati polisi, menginformasikan kecelakaan dan gangguan perjalanan lainnya. Menariknya lagi Waze akan secara otomatis menghubungkan kalian dengan teman-teman di Facebook jika Waze terhubung dengan jejaring sosial ini.

Tidak perlu cemas juga saat mobil atau sepeda motor kamu sudah nyaris kehabisan bensin. Aplikasi ini akan mengarahkanmu ke SPBU termurah dan terdekat di rute yang dilalui.

NTMC TV

Aplikasi yang diluncurkan oleh Kepolisian Republik Indonesia ini sejak tahun 2015 lalu. NTMC TV menjadi aplikasi yang memberikan informasi tentang lalu lintas terkini bagi para pengendara kendaraan bermotor dan pengguna gadget.

NTMC TV Polri menampilkan kondisi lalu lintas lewat streaming secara real time dari pantauan 442 unit CCTV di Metro Area dan Polda di seluruh Indonesia. Sama seperti Waze, aplikasi ini juga akan memberikan informasi jalan alternatif yang dapat dilalui untuk sampai ke destinasi yang dituju.

Fitur dalam aplikasi ini juga dilengkapi TV Mobile, sehingga pengguna juga dapat menikmati tayangan lewat Video on Demand, acara program acara televisi kesukaan pengguna, dan beberapa program acara lainnya. Seperti dikutip dari Techinasia.com, aplikasi ini akan menguras banyak kuota data. Jadi, untuk kamu yang mau menggunakan aplikasi ini harus selalu cek sisa kuota, ya.

Lewat Mana

Aplikasi ini dikembangkan oleh situs lewatmana.com dan baru tersedia untuk platform Android. Lewat Mana menyediakan layanan informasi lalu lintas terkini untuk membantu mengetahui kondisi jalan di sekitar agar tidak terjebak kemacetan. Di kolom keterangan Google Play, pengembang menyebut situasi lalu lintas terkini bisa didapat saat pengguna mengaktifkan fitur driving mode. Aplikasi tersedia gratis dan dapat diupgrade ke premium dengan harga Rp35.000.

Aplikasi Lewat Mana

Aplikasi Lewat Mana

“Pastikan kamu mengetahui kondisi lalu lintas sebelum memulai perjalanan agar dapat menghindari kemacetan. Dengan demikian kamu sudah turut andil untuk mengurangi kemacetan dengan tidak menambah kemacetan yang sudah menumpuk,” tulis pengembang Lewat Mana. Untuk sementara wilayah coverage CCTV lebih terfokus di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi. Untuk Bandung, Surabaya, dan Bali saat ini tengah pengembangan.

Anavigo

Aplikasi bikinan PT Astra International TBK ini punya empat fitur utama yang bermanfaat untuk perjalanan mudik. Fitur pertama Anavigo adalah membantu merancang perjalanan, rute dan juga tempat-tempat menarik di sepanjang perjalanan. Caranya, masukan lokasi awal dan lokasi tujuan. Rencana perjalanan memberikan rute alternatif yang dapat dipilih. Pengguna bisa menempatkan tempat-tempat menarik tersebut ke dalam rencana perjalanan.anavigo

Aplikasi kemudian akan mengingatkan pengguna ketika perjalanan mendekati tempat-tempat tersebut. Fitur kedua adalah mencari tempat untuk membantu pengguna menemukan tempat-tempat menarik atau lokasi yang dibutuhkan saat bepergian. Misalnya, restoran, ATM, SPBU, kafe, hotel dan lain sebagainya.anavigo 3

Fitur ketiga adalah laporan lalu lintas, yang akan memberikan informasi lalu lintas terkini di sepanjang rute perjalanan. Informasi tersebut disediakan Anavigo bekerja sama dengan Pusat Traffic Management (TMC) Polda Metro Jaya dan Marga Mandala Sakti (MMS) kerjasama. Fitur terakhir adalah untuk kondisi darurat. Misalnya, untuk meminta bantuan ketika memiliki masalah dengan kendaraan. Pengguna bisa mendapatkan tenaga mekanik dari Astra, khusus untuk pengendara Toyota, Daihatsu, Isuzu, BMW dan Peugeot.

Obeng Online

Persiapan mudik, aplikasi navigasi tidak cukup untuk memudahkan kebutuhan saat perjalanan menuju kampung halaman. Aplikasi Obeng Online yang diluncurkan awal Januari 2016 lalu ini dapat menjadi aplikasi tambahan.

Obeng Online dirancang untuk memudahkan pengguna mendapatkan lokasi bengkel terdekat. Jadi ketika pengemudi atau pengendara kendaraan bermotor mendapati masalah pada kendaraannya dapat mengakses bengkel terdekat dengan cepat lewat panduan di aplikasi ini.

Aplikasi besutan PT. Satu Lingkaran Teknologi ini tidak hanya memberikan referensi bengkel terdekat saja, tapi bagi pemilik bengkel juga bisa mendaftarkan bengkelnya agar mudah ditemukan pelanggannya.



Aplikasi ini begitu mudah digunakan dan cukup membantu. Saat ini, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 1.000 kali. Bagi sejumlah pengguna android aplikasi ini sangat membantu pemilik kendaraan bermotor dalam mencari bengkel. Salah satu pengguna, Anita Dinata, mengaku puas dengan adanya layanan ini. “Aplikasi ini lebih berguna untuk menemukan bengkel yang dicari. Selain itu bermanfaat juga untuk pemlik bengkelnya karena jadi gampang dicari,” ujar Anita.

Aplikasi Obeng Online dilengkapi juga dengan beberapa fitur. Di antaranya rute direction ke bengkel yang akan dituju. Terdapat juga info lalu lintas menggunakan Google Maps dan informasi seluruh bengkel terdekat yang sudah terdaftar di aplikasi ini.

Toilet Rate Mudik

Bukan cuma navigasi dan bengkel saja yang penting saat momen mudik Lebaran. Bagi pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi, toilet tentu menjadi tempat yang paling banyak dicari di tengah perjalanan menuju kampung halaman.

Toilet Rate Mudik, aplikasi yang baru diluncurkan bulan ini dan khusus menghadapi mudik Lebaran 2016. Aplikasi besutan pengembang Semoga Berkah ID ini akan membandu pemudik untuk mencari toilet terdekat dalam Google Map. Ketika pemudik dalam keadaan ‘darurat’ dengan aplikasi ini bisa langsung menemukan toilet yang terdekat dari lokasinya saat itu.

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan petunjuk arah. Pemudik bisa menemukan lokasi toilet terdekat dengan mengikuti panduan petunjuk dari aplikasi ini. Bahkan, pengguna juga dapat memberikan penilaian kualitas toilet umum dengan memberikan rating pada aplikasi. Semakin banyak rating maka, database aplikasi semakin banyak.

Pertamina Mobile Go

Aplikasi PertaminaGo Mobile ini memberikan petunjuk lokasi SPBU terdekat lengkap dengan petunjuk arah yang harus dituju. Selain itu, aplikasi juga memberikan informasi terkini terkait lalu lintas dan juga produk-produk Pertamina, berikut harganya. Tersedia pula fitur Trip Planner yang memungkinkan pengguna menyimpan lokasi tujuan dilengkapi titik lokasi SPBU sepanjang perjalanan.pertamina go

Lewat fitur itu pengguna juga dapat memilih kategori bahan bakar dan rute yang ingin dipilih. Fitur lain adalah Motorist Diary, berupa isian informasi jenis kendaraan dan tanggal jatuh tempo perpanjangan STNK, asuransi, dan jadwal cek tekanan angin, serta ganti oli. Setelah melakukan input data, aplikasi akan secara otomatis memberi notifikasi kepada pengguna, mulai dari satu hari hingga satu bulan, agar jadwalnya tidak terlewatkan.







Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya