SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SUKOHARJO — Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Sukoharjo, Jawa Tengah, beberapa waktu lalu, meluncurkan aplikasi smart haji guna mempermudah akses bagi calon jemaah haji asal Kabupaten Makmur.

Layanan berbasis web jaringan ini akan membekali agenda termasuk tata cara pelaksanaan selama ibadah haji.

Promosi Lebaran Zaman Now, Saatnya Bagi-bagi THR Emas dari Pegadaian

Kepala Kemenag Sukoharjo Ihsan Muhadi mengatakan peningkatan layanan haji ini bisa diunduh melalui Google Playstore. Aplikasi smart haji tersebut berisi konten mengenai panduan manasik yang mudah dipahami calon jemaah selama perjalanan ibadah haji di Tanah Suci.

“Jadi mulai proses kedatangan, agenda ibadah dan prosesi ibadah wajib hingga tempat tempat tujuan ibadah yang direkomendasikan semua bisa diakses melalui smart haji,” katanya, pekan lalu.

Ihsan Muhadi mengatakan seluruh tata cara pelaksanaan ibadah haji bisa dipandu melalui web smart haji hanya dengan mengakses kanal-kanal layanan dalam aplikasi tersebut. Smart haji ini diluncurkan sebagai upaya mempermudah calon jemaah haji asal Kabupaten Sukoharjo.

Perbaikan layanan dengan meluncurkan aplikasi ini diperlukan setelah mempertimbangkan banyaknya calon jemaah haji kurang paham tata cara manasik. Demikian halnya kegiatan apa yang harus dilakukan setibanya di Tanah Suci. Rata rata para jemaah akan kebingungan terutama bagi mereka yang baru kali pertama berhaji.

“Melalui aplikasi calon jemaah bisa memantau dan mencari informasi yang dibutuhkan berdasarkan panduan pendamping haji,” katanya.

Aplikasi ini juga bisa membantu anggota kelompok lain yang saling kenal dalam satu rombongan. Saat ini web masih dalam tahap penyempurnaan dan diupayakan bisa diakses sebelum pemberangkatan haji pada 6 Juli mendatang.

Di tahun ini, Ihsan menuturkan ada 742 calon jamaah haji yang akan berangkat ke Tanah Suci. Mereka terbagi dalam empat kelompok terbang (kloter), masing masing 352 orang di kloter 1 dan 2, sebanyak 20 orang masuk kloter 3 bergabung dengan calon jemaah dari Kabupaten Karanganyar, serta 11 calon jemaah dan kuota tambahan yang akan diberangkatkan dalam kloter terakhir Jawa Tengah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya