SOLOPOS.COM - Opera Max (Youtube)

Aplikasi Opera Max saat ini telah dibekali kompresi data untuk aplikasi musik.

Solopos.com, JAKARTA — Satu bulan setelah memperkenalkan fitur video savings untuk Youtube dan Netflix, versi terbaru dari aplikasi Opera Max menawarkan kompresi data untuk aplikasi musik seperti Youtube Music, Pandora, Slacker Radio, Gaana dan Saavn.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Senin (23/11/2015), Manajer Produk Opera, Sergey Lossev, mengatakan banyak orang mendengarkan musik menggunakan aplikasi musik. Dengan fitur baru kompresi di aplikasi Opera bisa digunakan pengguna agar semakin nyaman dalam mendengarkan musik.

“Semakin banyak orang yang menikmati musik favorit mereka melalui aplikasi, namun aplikasi ini memakan banyak data Internet dengan sangat cepat. Sekarang, kami telah menambahkan fitur kompresi audio untuk beberapa aplikasi musik sehingga pengguna dapat menikmati streaming musik tanpa harus mencari jaringan Wifi. Hal ini sangat bermanfaat bagi mereka yang memiliki mobile data yang terbatas,” ujarnya.

Opera Max adalah aplikasi untuk manajemen dan kompresi data yang mampu mengoptimalkan aplikasi streaming musik dan video, dengan menghemat penggunaan data Internet. Aplikais Opera Max disebut mampu melakukan kompresi data hingga 50%.

Aplikasi Opera Max menggunakan fitur optimisasi audio streaming yang didukung oleh Rocket Optimizer, yang mampu mengatur arus audio streaming dengan cara yang sama untuk video.

Fitur baru Opera Max juga mendukung format MP3 dan MP4, serta mengkonversi arus musik menjadi AAC+ codec yang lebih efisien, yang mampu memberikan suara berkualitas tinggi meski dalam koneksi yang rendah dengan menggunakan jenis perangkat apa saja.

Seperti dilansir Liputan6.com, Senin, di sisi lain, teknologi kompresi data diprediksi dapat mendongkrak layanan streaming. Apalagi, layanan streaming meningkat pesat sejalan dengan pertumbuhan pengguna smartphone, terutama di negara-negara berkembang.

Menurut laporan dari Next Big Sound, 1 triliun musik streaming dimainkan dalam enam bulan terakhir selama tahun 2015. Artinya, rata-rata ada 140 streaming musik yang dimainkan setiap orang di dunia.

Namun, mendengarkan lagu dari aplikasi streaming musik atau radio online selama sembilan jam akan menghabiskan data hingga 1 GB. Hal ini tentu sangat merugikan pengguna yang menggunakan Internet mobile.

Lossev melanjutkan Pandora, Slacker Radio, Gaana, Saavn, dan Youtube Music adalah lima aplikasi pertama yang telah lolos uji kualitas di aplikasi Opera Max.

Sebagai tambahan, Opera Max juga membantu pengguna untuk memantau kuota data yang sudah digunakan setiap hari atau setiap bulan edan memberikan mereka kendali yang lebih baik terhadap penggunaan data. Aplikasi Opera Max tersedia bagi pengguna Android seri 4.0 ke atas dan dapat diunduh secara gratis melalui Google Play.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya